Mohon tunggu...
An Nahal
An Nahal Mohon Tunggu... Master SEO Indonesia

Saya seorang wiraswasta yang beprofesi sebagai digital marketer fokus di Search Engine Optimization (SEO) dan pembuatan website. Selain itu juga saya adalah Owner GIOVANI Barbershop yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pesona Candi Ratu Boko di Sleman Yogyakarta

2 Desember 2020   14:12 Diperbarui: 7 Desember 2020   19:08 41 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Candi Ratu Boko di Sleman Yogyakarta
Candi Ratu Boko (Dok. pribadi)

Kota Yogyakarta terkenal  sebagai gudangnya pariwisata, karena itu tak heran banyak dijumpai berbagai objek wisata dari pantai hingga candi. Salah satu candi yang ada di Yogyakarta yaitu Candi Ratu Boko, yang merupakan peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

Candi Ratu Boko adalah salah satu candi peninggalan dari kerajaan Ratu Boko. Tempat ini  bisa disebut juga sebagai Situs Ratu Boko. Hal tersebut karena candi Ratu Boko hanyalah berupa reruntuhan keraton atau istana yang bukan menyerupai sebuah candi pada umumnya. 

Namun demikian kawasan Candi Ratu Boko juga punya beberapa tempat yang menarik dan layak buat dikunjungi.

Arsitektur Bangunan Candi Ratu Boko

Pada bagian gerbang Situs candi ratu Boko terdapat dua gerbangnyaitu bagian luar dan dalam. Gerbang bagian dalam adalah gerbang utama keraton dan ukuran lebih besar dibanding gerbang luar. 

Pada gerbang utama tersebut terdapat 5 susun gapura paduraksa sedangkan pada gerbang bagian luarnya terdapat 3 susun gapura paduraksa. 

Selain itu ditemukan juga tulisan dari Panabwara, yang merupakan putra dari Raja Rakai Panangkaran, penguasa dari keraton Ratu Boko.

Dalam area komplek Candi Ratu Boko ini terdapat dua bangunan seperti candi yaitu Batu Putih dan Batu Kapur. Disebut candi Batu Kapur karena bangunan ini terbuat dari batu kapur, namun sayang bagian atasnya sudah tidak ada.

Sedangkan pada bagian dalam Candi ratu Boko terdapat Sumur Suci dan Candi Pembakaran. Disebut Candi Pembakaran karena terdapat abu seperti bekas pembakaran dan bangunan ini dibuat dari material batu andesit.

Dari dalam Candi Pembakaran ini Anda dapat melihat adanya Sumur Suci yang kedalamannya hingga 2 meter. Sumur Suci ini konon dulunya dipakai untuk tempat upacara keagamaan yang diadakan di Candi Pembakaran.

Tempat Menarik Buat Berfoto Di Candi Ratu Boko

Ada beberapa spot foto candi ratu boko yang menarik yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini.

1. Gerbang Candi Ratu Boko

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x