Mohon tunggu...
Siska Dewi
Siska Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - Count your blessings and be grateful

Previously freelance writer https://ajournalofblessings.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Empat Fase Menopause dalam Kehidupan Seorang Wanita

11 November 2022   13:59 Diperbarui: 12 November 2022   21:26 1093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
4 tahap menopause dalam kehidupan seorang wanita | Foto: Freepik

Dalam artikel “3 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui tentang Perimenopause”, saya mengulas apa itu perimenopause, pada usia berapa seorang wanita mengalami perimenopause, dan gejala-gejala perimenopause.

Setelah artikel tersebut diunggah, ada yang bertanya mengapa saya menggunakan kata “Anda” pada judul. Bukankah menopause hanya dialami oleh wanita pada akhir usia 40-an?

Pertanyaan itu tidak salah. Kebanyakan wanita memasuki fase perimenopause antara usia 45 hingga 55 tahun.

Namun, satu dari 100 wanita mungkin mengalami gejala perimenopause pada usia 30-an. Bahkan, satu dari 1.000 wanita mungkin mengalaminya pada usia remaja dan 20-an. Ini dikenal sebagai “menopause dini”.

Seorang wanita muda yang memiliki pengetahuan tentang menopause, akan lebih siap jika ia mengalami gejala menopause dini. Setidaknya, ia akan segera berkonsultasi ke dokter.

Perlukah kaum pria memiliki pengetahuan tentang menopause? Menurut saya, sangat perlu.

Pada setiap fase menopause, seorang wanita menghadapi kondisi fisik, emosional, dan mental yang berbeda. Pria yang memiliki pengetahuan tentang menopause akan lebih memahami isteri, ibu, saudara, rekan kerja, atau sahabat yang sedang menjalani proses panjang itu.

Melansir Lane Regional Medical Center (LRMC), kesehatan reproduksi wanita mengalami banyak perubahan sepanjang hidupnya. Dari menstruasi pertama, melalui tahun-tahun subur, sampai pascamenopause, hormon mengalami perubahan besar, membuat setiap fase berbeda. Secara keseluruhan, siklus kesehatan reproduksi wanita dapat dibagi menjadi empat fase. [1]

Pertama, Fase Pramenopause

Tahap pramenopause | Foto: ASphotofamily/Freepik
Tahap pramenopause | Foto: ASphotofamily/Freepik

Banyak orang mengira fase pramenopause sama dengan perimenopause. Sesungguhnya, secara teknis, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Menurut LRMC, dalam fase pramenopause, seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur, berada di tahun-tahun subur utama, dan tidak memiliki gejala menopause yang nyata. Seorang wanita berada dalam fase pramenopause sebelum memasuki perimenopause.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun