Mohon tunggu...
Siska Dewi
Siska Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - Count your blessings and be grateful

Previously freelance writer https://ajournalofblessings.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

5 Langkah Menuju Pensiun Bahagia

30 Agustus 2022   23:11 Diperbarui: 31 Agustus 2022   21:28 3256 91 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi 5 langkah menuju pensiun bahagia | sumber foto: Lifestylememory/Freepik

Mempersiapkan dana pensiun memang penting. Umumnya, perencanaan pensiun berpusat pada satu pertanyaan: Apakah tabungan, investasi, JHT, properti, dan sumber penghasilan pasif lain yang saya miliki, memberikan penghasilan yang cukup untuk mendanai gaya hidup pensiun yang saya inginkan?

Betul! Anda akan membutuhkan dana yang cukup agar dapat menjalani hidup yang layak pada masa pensiun. Namun, Anda tidak harus menjadi super kaya untuk bahagia.

Uang bukan satu-satunya faktor penentu masa pensiun yang bahagia. Setidaknya, ada 5 langkah lain yang perlu Anda persiapkan.

Pertama, Jaga Kesehatan Anda

Ilustrasi pola makan sehat | sumber foto: Lifestylememory/Freepik
Ilustrasi pola makan sehat | sumber foto: Lifestylememory/Freepik
Semua orang ingin hidup sehat, tidak terkecuali para pensiunan. Pada tahun 2014, Merrill Lynch dan Age Wave membuat survei bertajuk “Health and Retirement: Planning for the Great Unknown”. [1]

Survei ini ditanggapi oleh 3.000 responden. Tujuannya mengeksplorasi tantangan kesehatan di masa pensiun, dan bagaimana pra-pensiunan dapat mempersiapkan masa pensiun yang lebih sehat dan lebih aman secara finansial.

Para responden sepakat bahwa faktor yang paling utama untuk pensiun bahagia adalah kesehatan. Dua tantangan yang dikemukakan adalah: biaya kesehatan yang tidak dapat diprediksi, dan pensiun dini yang diakibatkan oleh masalah kesehatan.

Kabar baiknya, tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola hidup sehat. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan mulai sekarang. [2

Langkah pertama adalah tidur yang cukup agar sel, jaringan, dan organ dapat bekerja dengan lebih baik. Langkah kedua adalah menerapkan pola makan sehat. Tingkatkan asupan sayur dan buah-buahan, makanan sumber protein, vitamin B12, asam folat, zinc, dan kalsium.

Ganti asupan lemak jenuh dengan lemak sehat. Kurangi konsumsi makanan manis, makanan padat energi, dan minuman ringan. Perbanyak minum air putih, dan hindari kebiasaan merokok serta minum minuman beralkohol.

Langkah berikutnya adalah olahraga. Olahraga membantu menjaga kebugaran, memperkuat otot, sendi, dan tendon, serta menurunkan risiko terkena cedera.

Melansir alodokter.com, ada 8 jenis olahraga yang cocok untuk lansia. Rutin berjalan di dalam rumah atau sekitar halaman dapat menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan menguatkan jantung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan