Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Administrasi - Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Kebangkitan India Memperkuat Hubungan dengan Asia Tengah dan Kaukasus

21 Juni 2024   10:17 Diperbarui: 23 Juni 2024   05:37 403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PM India Narendra Modi (empat dari kanan) berpose dengan para menteri luar negeri dari negara-negara Asia Tengah. | Sumber: kashmirlife.net

Oleh Veeramalla Anjaiah

Hubungan historis antara India dan Asia Tengah serta Kaukasus, yang terhubung satu sama lain melalui perdagangan timbal balik, pengaruh agama dan budaya, dan bahkan dinasti yang berkuasa, sudah ada sejak beberapa milenium lalu. India sedang mencari tempatnya, dan kebijakan ekonomi serta luar negerinya akan memainkan peran penting dalam pembangunan di kawasan ini, kata majalah The Diplomat.

India telah menikmati hubungan sejarah, budaya dan peradaban dengan Asia Tengah selama beberapa milenium. Agama Buddha menyebar ke Asia Tengah, Afghanistan dan China di masa lalu. India dan banyak negara Asia Tengah memiliki hubungan ekonomi, antar masyarakat dan budaya yang kuat hingga saat ini hingga runtuhnya Uni Soviet.

Negara-negara Asia Tengah adalah Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Semuanya merupakan bagian dari Uni Soviet dan merdeka pada tahun 1991. Wilayah Kaukasus terdiri dari Armenia, Azerbaijan, Georgia dan sebagian Rusia.

Kelima negara di Asia Tengah tidak memiliki daratan dan sebenarnya negara-negara tersebut terkurung daratan ganda karena negara-negara tetangganya juga tidak memiliki daratan. Semuanya kaya akan sumber daya seperti energi, mineral, pertanian, kapas dan buah-buahan kering.

Turkmenistan memiliki cadangan gas alam terbesar keempat di dunia. Kazakhstan, negara kaya minyak, adalah produsen uranium terbesar di dunia.

India memiliki satu kelemahan dengan Asia Tengah.

Pelabuhan Chabahar di Iran. | Sumber: Amohammadid/Wikimedia
Pelabuhan Chabahar di Iran. | Sumber: Amohammadid/Wikimedia

"India belum dapat mengambil keuntungan penuh dari hubungan kuno yang erat dengan wilayah ini setelah kemerdekaan mereka dari Uni Soviet pada tahun 1991 karena India tidak berbagi perbatasan darat secara de facto dengan negara-negara tersebut. Untuk mengatasi kendala ini, beberapa inisiatif yang telah direncanakan selama bertahun-tahun kini telah dipercepat. Dua yang paling signifikan adalah Koridor Transportasi Utara Selatan Internasional [INSTC] dan pelabuhan Chabahar," lapor situs berita First Post baru-baru ini.

Rute multimodel INSTC sepanjang 7.200 kilometer menghubungkan India ke Rusia melalui Iran. Pelabuhan Chabahar berada di tenggara Iran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun