Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Administrasi - Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Tim FATF akan Segera Mengunjungi Pakistan

29 Agustus 2022   09:04 Diperbarui: 29 Agustus 2022   09:07 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu pertemuan Financial Action Task Force (FATF). Tim FATF akan mengunjungi Pakistan di bulan depan. | Sumber: www.dnaindia.com 

Oleh Veeramalla Anjaiah

Sebuah tim dari satuan tugas pencucian uang dan terorisme global Financial Action Task Force (FATF) akan mengunjungi Pakistan bulan depan untuk memverifikasi langkah-langkah yang diambil oleh negara tersebut untuk menghapus Pakistan dari daftar abu-abu FATF.

FATF yang berbasis di Paris akan mempertimbangkan masalah ini dalam pertemuan pleno yang akan datang pada bulan Oktober. Rapat pleno FATF terakhir diadakan pada Juni 2022 di mana mereka memutuskan untuk membuat Pakistan tetap di dalam daftar abu-abu hingga pertemuan berikutnya.

Pada tanggal 17 Juni 2022, FATF dalam pernyataannya mengatakan: "Pakistan telah secara substansial menyelesaikan dua rencana aksinya, yang mencakup 34 item, dan menjamin kunjungan ke lokasi untuk memverifikasi bahwa implementasi reformasi APU/PPT Pakistan telah dimulai dan berkelanjutan."

AML/CFT adalah singkatan dari anti-money laundering and countering financing of terrorism yang berarti anti pencucian uang dan penanggulangan pendanaan terorisme.

Tim penilai FATF akan menilai pengawas upaya anti pencucian uang dan pendanaan anti-teror Pakistan setelah meninjaunya.

Menurut surat kabar Pakistan Observer, tim FATF akan meninjau langsung dua rencana aksi yang mencakup 34 item yang telah diselesaikan oleh Pakistan.

Tim penilai FATF akan menyelesaikan laporan menyeluruhnya tentang Pakistan dan mempresentasikannya dalam sesi pengawas di bulan Oktober.

Menurut harian The Express Tribune Pakistan, pihak berwenang Pakistan akan menyelesaikan strategi mereka dan mengadakan konsultasi dengan departemen terkait.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Pakistan (tingkat junior) Hina Rabbani Khar telah mengadakan pertemuan penting di Kantor Luar Negeri (Foreign Office) untuk membahas kunjungan tim FATF.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan