Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Administrasi - Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Perang seperti Ukraina Dapat Meletus Kapan Saja di Asia, Apa yang Harus Dilakukan Negara-Negara ASEAN?

16 Juni 2022   08:12 Diperbarui: 16 Juni 2022   19:34 765 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebuah pengangkut personel lapis baja terbakar dan kendaraan utilitas ringan yang rusak ditinggalkan setelah pertempuran di Kharkiv, Ukraina, Minggu (27/2/2022) (AP PHOTO/MARIENKO ANDREW via KOMPAS.com)

Pada tanggal 24 Februari 2022, Rusia menginvasi Ukraina, menempatkan seluruh dunia ke dalam krisis yang parah. Perang telah membawa konsekuensi yang menghancurkan bagi setiap orang di dunia.

Invasi semacam ini bisa terjadi di Asia kapan saja. Kita harus mempersiapkan perang dengan memodernisasi militer dan meningkatkan kemampuan pertahanan kita.

Negara-negara Asia Tenggara tidak terkecuali dengan ancaman terhadap kedaulatan dan integritas teritorial mereka. Apa yang harus dilakukan negara-negara ASEAN?

Pertama, mereka harus memodernisasi militer mereka dan meningkatkan kemampuan pertahanan.

Kedua, ASEAN harus tetap bersatu dan memiliki solidaritas jika ada negara yang diserang oleh kekuatan asing.

Pertemuan keamanan premium Asia IISS Shangri-La Dialogue (SLD) ke-19 yang baru-baru ini diselenggarakan telah berfokus pada modernisasi militer dan kemampuan pertahanan baru serta memperdebatkannya secara luas.

SLD diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies (IISS) bekerja sama dengan pemerintah Singapura pada tanggal 10-13 Juni di Shangri-La Hotel di Singapura.

Lebih dari 500 menteri, pejabat senior dan cendekiawan dari lebih dari 40 negara turut menghadiri pertemuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Vietnam, bintang yang sedang naik daun di Asia, ingin membangun militer yang lebih kuat untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorialnya, tetapi tidak berniat untuk bergabung dengan aliansi militer mana pun, kata seorang pejabat tinggi pertahanan Vietnam.

Menteri Pertahanan Vietnam Jend. Phan Van Giang. | Sumber: VNExpress
Menteri Pertahanan Vietnam Jend. Phan Van Giang. | Sumber: VNExpress

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan