Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Warisan Heydar Aliyev bertahan setelah 16 tahun

13 Desember 2019   15:46 Diperbarui: 13 Desember 2019   15:51 38 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warisan Heydar Aliyev bertahan setelah 16 tahun
Dubes Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev (kiri memegang mikrofon) berbicara kepada anak-anak di panti asuhan Panti Putra Setia, Jakarta (8/12). |Credit: Veeramalla Anjaiah

 *Veeramalla Anjaiah

Setiap tahun pada tanggal 12 Desember, orang-orang Azerbaijan di seluruh dunia memberikan penghormatan kepada Heydar Aliyev, presiden ketiga Azerbaijan (sebuah negara di kawasan Kaukasus Selatan), melalui berbagai kegiatan.

Misalnya, Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev dan stafnya mengunjungi Panti Putra Setia, sebuah panti asuhan untuk anak perempuan, di Jakarta pada 8 Desember dan menyelenggarakan sebuah acara untuk memperingati tahun ke-16 sejak kematian Heydar Aliyev. Beberapa sahabat Azerbaijan di Indonesia dan wanita lanjut usia juga menghadiri acara peringatan tersebut.

"Heydar Aliyev menyayangi anak-anak dan orang tua dan merawat mereka selama sebagian besar hidupnya. Itu sebabnya saya memutuskan untuk menyelenggarakan acara ini di panti asuhan," Duta Besar Mirzayev mengatakan kepada penulis.

Dubes Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev (kanan) menyerahkan paket kepada wanita lansia di panti asuhan Panti Putra Setia, Jakarta (8/12). | Credit: Veeramalla Anjaiah
Dubes Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev (kanan) menyerahkan paket kepada wanita lansia di panti asuhan Panti Putra Setia, Jakarta (8/12). | Credit: Veeramalla Anjaiah

Nama lengkap Aliyev adalah Heydar Alirza oglu Aliyev. Ia belajar di fakultas Arsitektur di Institut Industri Azerbaijan (sekarang bernama Akademi Minyak Negara Azerbaijan) di Baku.

Padahal ia bukan presiden pertama Azerbaijan dan baru memerintah negara itu hanya 10 tahun, mengapa orang-orang Azerbaijan masih ingat Aliyev setelah 16 tahun kematiannya? Apa yang dia lakukan terhadap Azerbaijan? Kenapa dia disebut sebagai Pemimpin Bessar ?

Pertama, Aliyev adalah seorang patriot hebat yang berjuang melawan penindasan Uni Soviet untuk mendapatkan kemerdekaan bagi negaranya. Percaya atau tidak dia adalah salah satu pemimpin senior Uni Soviet pada saat itu.

Azerbaijan adalah bagian dari Uni Soviet dari tahun 1920 hingga 1991. Aliyev naik pangkat dari seorang pemimpin regional, baik di Partai Komunis Soviet maupun pemerintahan, menjadi seorang pemimpin nasional karena kemampuan kepemimpinannya yang luar biasa.

Pada bulan Desember 1982, Aliyev menjadi anggota politbiro, otoritas pembuat kebijakan tertinggi dalam partai yang berkuasa dan Wakil Ketua Pertama Kabinet Menteri Uni Soviet. Dia juga memegang jabatan Wakil Ketua Soviet Tertinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x