Mohon tunggu...
Aniza
Aniza Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penemuan Bola Hitam Raksasa Bertuliskan "Yokohama 50Kpa"

27 Januari 2021   19:30 Diperbarui: 27 Januari 2021   19:31 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penemuan Bola Hitam Raksasa Bertuliskan "Yokohama 50Kpa"
news.detik.com

Mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang

(26/01/21). Kabupaten bintan kepulauan Riau tepatnya di tepi pantai Desa Teluk Bakau dihebohkan dengan adanya penemuan bola hitam raksasa berdiameter lingkaran sekitar 3 meter. Dibola raksasa tersebut terdapat tulisan "Yokohoma 50Kpa". Benda tersebut dilapisi dengan rantai besi dan beberapa ban hitam. Pihak Kapolsek Gunung Kijang saat ini sedang mencari asal usul bola raksasa tersebut.

Sehari sebelum penemuan bola raksasa, Senin (25/01/21) di kawasan Pantai Lagoi, Teluk Sebong, Bintan, warga setempat juga menemukan serpihan yang diduga sebagai sayap pesawat. Warga setempat langsung menyerahkan benda tersebut kepada TNI AU untuk mengetahui keterangan benda tersebut.

TNI AL telah memeriksa serpihan sayap pesawat yang ditemukan oleh warga Pantai Lagoi dan memsatikan bahwa serpihan tersebut bukannlah berasal dari salah satu pesawat milik TNI AL. Saat ini serpihan sayap pesawat tersebut sudah dibawa ke Lapangan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kepri.

Analisis Menggunakan Paradigma Sosiologi (Paradigma Definisi Sosial)

Paradigma definisi sosial ialah cara pandang yang menekankan bahwa realitas sosial bersifat subjektif. Eksistensi realitas sosial tidak terlepas dari individu sebagai aktor yang melakukan suatu tindakan. Struktur sosial dan institusi sosial dengan demikian dibentuk oleh interaksi individu. Melalui paradigma ini, tindakan sosial berusaha untuk dipahami dan diinterpretasikan secara subjektif.

Hasil analisis kasus penemuan bola raksasa, warga sebagai (aktor) yang menemukan bola raksasa tersebut  di tepi Pantai Desa Teluk Bakau dan Pihak Kapolsek Gunung Kijang sebagai institusi, mereka saling berinteraksi untuk mengetahui penjelasan asal usul benda tersebut.

Analisis Menggunakan Teori Sosiologi (Teori Interaksionalisme Simbolik dari Herbert Blumer)

Prinsip dasar teori interaksionisme simbolik adalah manusia memiliki kapasitas untuk berpikir dan pemikirannya dibentuk oleh interaksi sosial. Para pihak Kapolsek Gunung Kijang melakukan penyelidikan asal usul bola raksasa yang ditemukan oleh warga di tepi Pantai Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan ,Kepulauan Riau.

VIDEO PILIHAN