Mohon tunggu...
Anita Zulfa
Anita Zulfa Mohon Tunggu... Chemistry Student

Undip'17

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Undip Ciptakan Handsanitizer dan Jamu Tradisional

11 Agustus 2020   12:02 Diperbarui: 11 Agustus 2020   12:14 40 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Undip Ciptakan Handsanitizer dan Jamu Tradisional
Gambar 1. Hand Sanitizer Alami dari Daun Sirih

Nganjuk (Selasa, 14 Juli 2020), di era pandemi Covid-19 kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) TIM II Universitas Diponegoro dilakukan berbeda seperti KKN periode-periode sebelumnya, yaitu di daerah masing-masing mahasiswa tinggal dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)".

Salah satu mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro dari Jawa Timur, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dr. Drs. Catur Kepirianto, M.Hum. yaitu Anita Zulfa Nurhidayatin (Fakultas Sains dan Matematika) melaksanakan 2 Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Program pertama  yaitu pembuatan inovasi produk hand sanitizer alami dari daun sirih hijau dan air perasan jeruk nipis dan program kedua pembuatan jamu tradisional kunyit asam. Bahan yang diperlukan dalam kedua program ini sangat mudah didapatkan dan murah.

Hand sanitizer saat ini menjadi barang kebutuhan yang banyak dicari orang, tetapi sejalan dengan kebutuhan di era pandemi Covid-19 keberadaannya menjadi langka dan harganya pun melonjak. Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat mencegah penyebaran Covid-19 sehingga dapat digunakan sebagai hand sanitizer alami. Pembuatan hand sanitizer alami ini sangat sederhana dan biaya yang diperlukan cukup murah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah yaitu daun sirih hijau, air perasan jeruk nipis, dan essential oil.

                                                                                                         

Produk inovasi hand sanitizer alami dari daun sirih dan air perasaan jeruk nipis ini nantinya akan disosialisasikan cara pembuatannya. Kemudian akan dijelaskan juga pentingnya memakai hand sanitizer dan pembagian hand sanitizer pada warga masyarakat sekitar. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga masyarakat mengetahui pentingnya pemakaian hand sanitizer dan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah agar terhindar dari penularan Covid-19.

Gambar 2. Pembagian Produk Hand Sanitizer Kepada Ibu Ketua PKK Desa Tanjungkalang
Gambar 2. Pembagian Produk Hand Sanitizer Kepada Ibu Ketua PKK Desa Tanjungkalang
                                                                 

Dengan semakin meluasnya pandemi Covid-19 yang ditandai dengan peningkatan kasus positif menyebabkan perlunya tindakan pencegahan. Salah satu cara agar terhindar dari virus di tengah pandemi Covid-19 saat ini adalah memperkuat sistem imun tubuh yaitu dengan mengkonsumsi jamu tradisional yang dipercaya kandungannya dapat memperkuat daya tahan tubuh. Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) kedua yang dilaksanakan pada minggu keempat, yaitu pembuatan produk Jamu Tradisional Kunyit Asam.

Gambar 3. Produk Jamu Tradisional Kunyit Asam
Gambar 3. Produk Jamu Tradisional Kunyit Asam
                                                                                                       

Cara terbaik untuk mencegah virus corona ini menginvasi tubuh adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh ialah mengkonsumsi makanan bergizi. Empon-empon misalnya kunyit, asam, dan temulawak, sudah secara ilmiah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Secara empiris, kandungan senyawa kimia dari tanaman tersebut juga dinyatakan bermanfaat sebagai imunomodulator untuk menjaga daya tahan tubuh. Dalam kaitannya dengan Covid-19, penggunaan tanaman tersebut baik secara tunggal maupun gabungannya bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Produk Jamu Tradisional Kunyit Asam ini nantinya akan disosialisasikan cara pembuatannya. Kemudian akan dijelaskan juga pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari Covid-19 dan pembagian produk jamu pada warga masyarakat sekitar supaya masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan tertarik untuk menerapkan konsumsi jamu secara mandiri di rumah.

Gambar 4. Pembagian Produk Jamu Kunyit Asam kepada warga sekitar RT03/RW03
Gambar 4. Pembagian Produk Jamu Kunyit Asam kepada warga sekitar RT03/RW03
                                                                 

Penulis : Anita Zulfa Nurhidayatin/Kimia/FSM

                   Universitas Diponegoro

Editor    : Drs. Catur Kepirianto, M.Hum.

VIDEO PILIHAN