Mohon tunggu...
Anita RostiAzizah
Anita RostiAzizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

202110430311064

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa pada Sekolah Dasar

18 Juli 2022   12:08 Diperbarui: 18 Juli 2022   12:16 352 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Belajar. Sumber Ilustrasi: momspresso.com

Anita Rosti Azizah_064

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia untuk bekal menghadapi kemajuan zaman yang semakin berkembang dengan seiring berjalannya waktu, Pendidikan menjadi bekal masa depan seseorang yang akan memberi manfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain. Pendidikan mempunyai konstribusi atau pengaruh besar terhadap masa depan negaranya, masa depan negara tergantung pada kualitas penerus bangsa yang akan mengelola negara kedepannya.

Cara menyampaikan Pendidikan itu sendiri melalui proses pembelajaran, dimana dalam proses ini tedapat bermacam macam gaya belajar yang dapat dilakukan pendidik untuk menyampaikan informasi yang ingin disampaikan kepada siswanya. Setiap siswa dalam melakukan proses pembelajaran memiliki perbedaan cara bagaimana perjalanan yang ditempuh oleh masing masing siswa dalam berkonsentrasi dan menguasai pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Oleh karena itu setiap siswa memliki gaya belajar yang berbeda beda untuk mempermudah siswa tersebut menguasai pembelajaran yang akan di ajarkan.

Secara umum gaya belajar diasumsikan sebagai suatu tersendiri yang mengacu pada kepribadian, kepercayaan, pilihan, dan perilaku yang digunakan individu untuk membantu proses belajar (Bire,2014). Gaya  belajar  anak  merupakan sesuatu yang memiliki urgensi sangat penting dalam  rangka  memaksimalkan potensi diri anak, sehingga siapapun yang menjadi pengajar atau pembelajar mesti memperhatikannya dengan komprehensif (Ichsan,2020).

Sangat penting bagi pendidik untuk mengetahui gaya belajar yang cocok pada anak didiknya untuk mempermudah melakukan proses pembelajaran. Tetapi masih banyak pendidik yang tidak mengenali atau memahami gaya belajar yang cocok pada siswanya sehingga anak tersebut mengalami kesulitan dalam menyerap atau memahami informasi yang diajarkan dan berakibatkan proses pembelajaran berjalan kurang maksimal. Gaya belajar mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, prestasi dan hasil pembelajaran. 

Pendidik dapat melakukan berbagai cara untuk mengetahui gaya belajar yang cocok pada setiap siswanya seperti melakukan observasi, pengamtan langsung dan lain sebagainya. 

Berbagai metode pembelajaran yang disesuaikan  dalam  proses  belajar-mengajar  masih  sering  diragukan  keberhasilannya  dalam  mencapai hasil  maksimal   belajar   siswa.   hingga   diketahui   bahwa   setiap   metode pembelajaran  itu  bergantung  pada  cara  atau  gaya  belajar  siswa,  yang dipengaruhi  oleh  kepribadian  serta  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  siswa (Ghufron  &  Risnawati,2012).

Gaya belajar sendiri terdapat 3 macam yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik

  • gaya belajar visual adalah gaya belajar yang terletak pada kekuatan pada indera penglihatan dimana gaya belajar ini melalui cara melihat, mengamati dan sejenisnya. Anak yag memiliki gaya belajar ini biasanya suka akan membaca.
  • gaya belajar auditorial adalah gaya belajar yang terletak pada kekuatan pada indera pendengaran. Anak cenderung menerima informasi paling baik dan efektif dengan menggunakan indra pendengaran (audio)
  • Gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh. Maksudnya ialah belajar dengan mengutamakan indera perasa dan gerak-gerakan fisik. Orang dengan gaya belajar ini lebih mudah menangkap pelajaran apabila ia bergerak, meraba, atau mengambil tindakan.

Dengan hak diatas kita sudah tau akan pentingya mengetahui Gaya belajar dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi atau informasi yang dipilih serta dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan bagi pendidik maupun siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan