Muda

Hal Kecil yang Biasanya Dipelajari Anak

27 November 2017   09:59 Diperbarui: 27 November 2017   11:27 351 0 0

Pada semester ini, rika dan teman sekelasnya menerima mata kuliah magang. Mereka  dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipencar di berbagai TK. Tiba saatnya hari H pelaksanaan magang, Rika dan teman sekelompoknya datang ke TK yang akan mereka observasi. Mereka diizinkan oleh guru kelas untuk masuk ke kelas dan perkenalan dengan anak-anak. Rika dan teman-temannya mengamati proses pembelajaran dari awal sampai akhir.

Pada waktu istirahat, mereka mulai mendekati anak-anak tersebut dengan bertanya namanya, apa yang sedang mereka lakukan, dsb. Ada yang bermain di dalam kelas dan ada juga yang berada di taman bermain. Ketika Rika sedang asyik mengobrol dengan anak-anak, ada satu anak yang tiba-tiba terjatuh dari ayunan. Namanya Dendy. Rika pun mendekatinya, begitupun dengan temannya yang lain. 

Anak itu menangis. Dan ada temannya yang mengatakan bahwa Dendy jatuh karena ulahnya sendiri, karena dia tidak pegangan. Rika pun mencoba menenangkannya. Tidak butuh lama, Dendy pun diam.

Di dalam kelas juga disediakan mainan, seperti puzzle, bongkar pasang, balok, dll. Ada banyak kotak-kotak yang berisikan mainan juga. Namanya juga anak-anak, pasti mainannya berserakan kemana-kemana, batin Rika dalam hati. Anak-anak diberi jam istirahat selama 30 menit, 15 menit untuk bermain, 15 menit untuk makan bersama. Tetapi sebelum makan bersama, guru meminta tolong kepada anak-anak untuk membersihkkan mainannya. Saling bantu-membantu, tolong-menolong sesama temannya untuk membersihkan mainannya. Mereka pun membersihkannya bersama-sama.

Hal yang kecil seperti itupun harus diterapkan kepada anak, agar si anak mampu diajak bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, kita juga melatih anak tentang kedisiplinan. Kedisiplinan yang telah diajarkan orang tuanya atau gurunya akan mendarah daging pada si anak dan terus-menerus dilakukan anak. Pengajaran yang seperti ini baik untuk kehidupannya.