Mohon tunggu...
Anita Rahmawati Dwi Saputri
Anita Rahmawati Dwi Saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

opini pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melihat Sistem Pendidikan pada Negara Maju dan Indonesia

6 Desember 2022   11:14 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:32 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor yang mendukung suatu negara bisa maju. Kualitas SDM sendiri dapat dipengaruhi dari bagaimana negara tersebut mengolah sistem pendidikannya. Berdasarkan World Population Review, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia tahun 2021 adalah Amerika Serikat. Sama seperti Indonesia, secara umum sistem sekolah Amerika dibagi menjadi empat tahap menurut American Academy yaitu dimulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menegah keatas.

Perbedaan pada sistem pendidikan Amerika Serikat dengan Indonesia dapat dilihat dari segi penjurusannya, dimana di Indonesia terdapat nama penjurusan seperti IPA, IPS, dan Bahasa. Selain itu di Indonesia pada bidang studi pembelajaran yang ada di sekolah, siswa diharapkan dapat menguasai berbagai mata pelajaran. Karena ada banyak fokus yang dipelajari oleh peserta didik akibatnya dapat membuat mereka mudah bosan, tertekan, dan kurang optimalnya memahami materi pembelajaran. Namun adanya berbagai fokus mata pelajaran ini tidak selamanya buruk melainkan peserta didik juga mendapat berbagai keilmuan atau wawasan yang luas. 

Berbeda dengan sistem yang ada di Amerika dimana lebih membebaskan siswa untuk memilih mata pelajaran apa yang disukai, cara ini dapat mempermudah siswa untuk lebih fokus terkait dengan hal yang dipelajari karena tidak bercabang-cabang dan sesuai dengan minatnya selain iti dapat juga mengenal potensi kemampuan sendiri. 

Amerika serikat juga banyak melibatkan peserta didik untuk melakukan praktik dalam proses pembelajaran, pemberian praktik dapat mempermudah anak untuk lebih memahami apa yang dipelajari dibandingkan hanya melalui teori saja. negara ini juga sering dijadikan sebagai incaran para pelajar dari berbagai penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikan tingginya, terlihat dimana Amerika memiliki banyak universitas terbaik dan sangat populer seperti Stanford University terdapat artis Maudy Ayunda yang mengenyam pendidikan di universitas tersebut, kemudian Columbia University dimana artis Cinta Laura juga menyelesaikan program sarjananya di universitas tersebut, serta Harvard University dan masih banyak lagi.

Saat ini Indonesia terus melakukan perbaikan dan perkembangan agar memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus dengan sejumlah negara maju lainnya. Terlihat juga dalam G20 yang membicarakan empat isu prioritas pendidikan yang diadakan di Bali kemarin. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Iwan Syahril, menguraikan lebih lanjut tentang empat agenda utama bidang pendidikan yang diangkat dalam G20 tahun ini yaitu tentang :

  • Kualitas pendidikan secara universal
  • Teknologi digital dalam pendidikan 
  •  Solidaritas dan kemitraan
  •  Masa depan dunia kerja pasca terjadinya pandemi Covid19 

Adanya berbagai upaya pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negara ini akan lebih optimal dalam mencapai tujuannya jika di dukung oleh semua lapisan seperti guru dan siswa. Semoga dengan adanya berbagai upaya tersebut kualitas pendidikan di Indonesia semakin bagus dan bersaing dalam kancah internasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun