Mohon tunggu...
Anita Theresia Manua
Anita Theresia Manua Mohon Tunggu... Freelancer - Wiraswasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Tetap Semangat

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Nikmatnya Sate Kambing Balanga

9 Agustus 2019   18:29 Diperbarui: 9 Agustus 2019   19:33 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MengolahDagingKurbanHai Sobat seantero nusantara, sebentar lagi saudara-saudara kita yang beragama muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah. 

Tentunya di momen yang indah ini, berbagai persiapan telah direncanakan. Tanpa terkecuali dengan rencana memasak daging kurban kambing.

Tapi masih bingung dan bosan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, jika sobat masih bingung. Saya akan membagi resep masakan khas dari Provinsi Gorontalo, namanya 'Sate Kambing Balanga'.

Masakan ini rupanya sudah ada sejak dahulu. Turun temurun selalu dihidangkan masyarakatnya saat hari raya Idul Adha. Tapi sayang, belum banyak orang yang tahu akan kelezatan masakan sate kambing balanga ini.

Nah sobat, disini saya mau bilang, masakan sate kambing ini tidak  pakai tusuk sate loch. Sate kambing balanga ini dimasak dalam balanga (belanga) yang terbuat dari tanah liat. Kalau tidak ada balanga bisa dimasak di wajan.

Saya tahu masakan ini, saat masih tinggal di Manado, Sulut yang sudah terkenal dengan toleransi umat beragamanya yang tinggi. Setiap hari raya keagamaan, semua umat meski berlainan agama saling bersilahturahmi dan ikut menikmati masakan hari raya.

Nah saat itu, saya diundang teman untuk datang berhari raya di rumahnya. Ada satu diantara lima makanan yang saya rasa enak dan lain. Jadi teman saya bilang, makanan itu namanya sate kambing balanga. 

Karena penasaran, saya sampai minta resepnya. Setelah dari situ, resep sate kambing yang dikasih langsung saya coba di rumah. Meskipun rasanya agak beda, karena tak dimasak dalam balanga. Rasanya enak, agak pedas-pedas manis.

Silahkan dicoba ya...

Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan diantaranya, 

500 gram daging kambing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun