Mohon tunggu...
Anisya Silvia K
Anisya Silvia K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saling Berbagi Informasi

Discipline is remembering what you want. -David Campbell

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keadaan Sistem Pendidikan di Indonesia

29 Juli 2021   16:40 Diperbarui: 29 Juli 2021   17:30 124 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keadaan Sistem Pendidikan di Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan upaya mempersiapkan peserta didik untuk perannya di masa depan dan landasan kehidupan yang perlu mereka bangun semaksimal mungkin. 

Pada dasarnya menurut (UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003), adalah adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat. 

Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia, kini sistem pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai masalah yang muncul silih berganti setiap tahunnya. 

Hal tersebut dibuktikan menurut analisa UNESCO, yang menyatakan bahwa kualitas guru Indonesia menempati urutan terbawah dari 14 negara berkembang di kawasan Asia-Pasifik. Posisi ini menempatkan negara agraris ini di bawah Vietnam yang baru merdeka beberapa tahun lalu. 

Dalam hal kemampuan membaca, Indonesia menempati urutan ke-39 dari 42 negara berkembang di dunia. Kualitas input lemah, dan kualitas guru di negara kita menempati urutan ke-14 di antara 14 negara berkembang.

Indonesia kini menganut sistem pendidikan nasional dan menerapkan berbagai sistem pendidikan Indonesia. Pada dasarnya, permasalahan pendidikan di Indonesia ini terkait kepada bagaimana mengupayakan agar semua warga negara menikmati kesempatan pendidikan, dan bagaimana mendidik siswa agar memiliki keterampilan kerja agar dapat memasuki tahap kehidupan sosial. 

Salah satunya permasalahan pemerataan pendidikan yang terlihat sangat jelas yaitu masih banyak warga, terutama anak usia sekolah, tidak bersekolah karena kurangnya fasilitas yang tersedia. 

Pemerataan Pendidikan dalam memenuhi fungsinya sebagai pembawa kemajuan bangsa dan budaya bangsa, pendidikan nasional diharapkan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga negara Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Persoalan pemerataan pendidikan yang adil adalah bagaimana sistem pendidikan memberikan kesempatan pendidikan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga negara dan menjadikan pendidikan sebagai alat untuk mengembangkan sumber daya manusia guna mendukung pembangunan.

Sistem pendidikan nasional cenderung menempatkan bagian pengajaran di atas bagian pendidikan, sehingga kegiatan pendidikan seringkali hanya sejalan dengan proses peningkatan kemampuan, keterampilan dan kecerdasan. 

Keadaan ini menyebabkan munculnya berbagai permasalahan pendidikan, jika tidak ditangani dengan baik akan sangat mempengaruhi upaya peningkatan mutu pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan tersebut disebabkan oleh efektivitas, efisiensi dan standarisasi pengajaran. 

Penggunaan sumber daya yang ada dalam masalah efisiensi pendidikan merupakan tujuan untuk mencapai pendidikan. Masalah pengangkatan terletak pada kesenjangan antara persediaan daya yang tersedia dan kuota pengangkatan yang sangat terbatas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN