Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Masjid Jadi Saksi dalam Proses Hijrah

30 April 2021   22:04 Diperbarui: 30 April 2021   22:10 325 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Jadi Saksi dalam Proses Hijrah
sumber : daaruttauhiid.org

Hijrah yaitu berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik. Hijrahnya seseorang maksudnya proses perubahan pada dirinya dari sikap yang tidak baik menjadi lebih baik lagi terutama dalam menjalankan syariat islam.

Semua orang mengalami proses dalam hidupnya. Semakin bertambah usia, semakin banyak pelajaran hidup yang didapatkan. Kisah hijrahku berawal dari mendapat tugas pindah ke Jakarta tahun 2016, dan bertemu dengan teman kerja yang sudah memakai jilbab panjang. Beliau banyak sekali memberikan nasehat kebaikan yang akhirnya nasehat itu menjadi jalur masuknya hidayah pada diri saya.

Sebetulnya 2016 sudah ada niatan untuk berproses lebih baik lagi, sudah ada keinginan memperdalam agama islam, sudah mulai mencari dan ikut komunitas muslimah dan ikutan private Al-Quran. Qodarullah saat pindah ke Jakarta, Allah mempertemukan yang lebih bisa menguatkan untuk berproses hijrah, karena saya bukan lulusan pesantren dan sangat minim sekali ilmu agama, makanya dulu memakai jilbab pun masih bongkar pasang, astaghfirullah. Semoga Allah ampuni dosa-dosaku.

Singkat cerita proses hijrah berjalan. Banyak hal dan kejadian yang saya alami. Hingga suatu ketika ada teman yang mengajak ikut kegiatan muslimah academy di masjid Darut Tauhid Bandung. Kegiatan selama 2 hari, hari pertama pembinaan diri muslimah dengan bahasan tazkiyatun nafs yang menyentuh relung hati dan banyak perenungan diri hingga meneteskan air mata. Malam hari menginap di masjid DT. hari kedua kegiatan acara memanah dan berkuda yang berlokasi di eco pesantren. 

Entah kenapa selalu sejuk dan sangat tenang sekali hati ketika masuk dan sholat di masjid yang satu ini. Ketika masuk masjid lain pun pasti sama kita akan merasa tenang hati tapi ada yang lebih rasanya di DT (Darut Tauhid) ini yang saya rasakan. Lingkungan dan orang-orangnya pun membuat nyaman.

Hanya saja lokasi masjid ini sangat jauh dari rumah saya di Bandung. Apalagi sekarang saya pindah ke Jakarta. Namun selalu ada rasa rindu untuk berkunjung ke masjid Darut Tauhid.

Sebetulnya tidak hanya DT yang menjadi masjid favorit saya saat di Bandung, ada juga masjid Trans Studio Bandung.

Masjid Trans sumber : foursquare.com
Masjid Trans sumber : foursquare.com

Masjid Trans Studio berada di Jalan Gatot Subroto no 289, Bandung. Saya suka masjid ini, selain dalamnya terawat, bersih dan rapih, nyaman untuk shalat, masjid ini juga banyak program kajiannya bahkan untuk generasi muda. 

Semangat berhijrah mengantarkan saya bertemu teman-teman muslimah dan bergabung dengan Forum Muslimah Indonesia. Beberapa kali kami mengadakan kajian acara di masjid ini juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x