Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Tips Tetap Sehat Segar Bugar Saat Ramadan

29 April 2021   15:23 Diperbarui: 29 April 2021   15:29 275 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Tetap Sehat Segar Bugar Saat Ramadan
Olahraga ringan saat ramadan | Dokpri

Menjalankan ibadah membutuhkan tubuh yang sehat segar dan bugar tentunya. Apalagi saat ramadan, walau menahan haus dan lapar kita tidak boleh lesu harus tetap semangat menjalani aktivitas.

Tak terasa setengah ramadan sudah terlewati. walau berpuasa 1 bulan penuh kita harus tetap sehat, kuat dan semangat. Ibadah ramadan selain mendekatkan diri kita kepada Allah sebetulnya banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita.  

Sebetulnya ketika berpuasa, kita sedang menjalani detoksifikasi atau pembersihan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh kita secara optimal. Selain di bulan ramadan kita bisa memakan makanan dari pagi hingga malam hari itu bisa kapan pun, dan bayangkan saja lambung kita terus bekerja selama kurang lebih 11 bulan. 

Nah berpuasa di bulan ramadan saatnya proses detoksifikasi itu. Jadi selain beribadah kepada Allah ternyata ketika kita berpuasa itu bentuk rasa cinta kita pada diri sendiri, serta sebagai bentuk rasa syukur dengan menjaga kesehatan tubuh yang sudah dititipkan kepada kita selama ini.

Kesehatan merupakan salah satu rezeki yang tak ternilai teman-teman. Namun seringkali tidak kita sadari, karena sudah menjadi bagian dari diri. Padahal ketika kita sakit, sulit beraktivitas, kerjaan terhambat dan bahkan harus bayar biaya rumah sakit. Disitu kita baru menyadari bahwa sehat itu adalah rezeki dan anugerah yang luar biasa. MasyaAllah.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat segar bugar saat ramadan, ini dia beberapa tips nya:

Pertama, Makan-makanan sehat

Memakan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh itu sangat penting. Tubuh akan menyerap kandungan gizi yang ada pada makanan yang kita makan. Lalu di proses menjadi energi, bahkan nutrisi juga berperan penting untuk menyuplai fungsi dan kinerja otak. Jadi memilih makanan yang sehat dengan gizi yang baik itu penting sekali.

Jika dirasa sulit, coba kurangi makanan junk food, atau makanan tidak sehat lainnya. Sesekali boleh sih jika sulit dihindari, tapi jangan terlalu sering memakan makanan tidak sehat. Kurangi juga makanan yang mengandung banyak lemak. Kondisi badan yang segar bugar dipengaruhi oleh asupan dari makanan yang dikonsumsi.

Nasehat ini terdengar klise pastinya, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Tapi begitulah kata dokter. Buah dan sayuran memang Allah ciptakan untuk makanan manusia. Sumber makanan alami yang diciptakan Allah pasti banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, karena Allah pencipta kita. Allah Maha Mengetahui kebutuhan untuk hambanya. So, jangan males makan sayur dan buah ya.

Kedua, Makan seperlunya, jangan berlebihan saat berbuka dan sahur

Memang sih seharian kita menahan haus dan lapar, tapi jangan sampai kalap ketika berbuka. Untuk memuaskan nafsu, kita memakan banyak sekali makanan hingga perut terasa begah dan sakit. Berpuasa seharusnya mengajarkan kita untuk selalu bersabar juga tentunya. Sehingga ketika berbuka kita pun harus memakan seperlunya saja, jangan memaksakan terus memasukan makanan ke dalam mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x