Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Dapat Somasi Atas Pinjaman, Padahal Tak Pernah Bikin Kartu Kredit

20 April 2021   10:08 Diperbarui: 20 April 2021   10:30 268 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dapat Somasi Atas Pinjaman, Padahal Tak Pernah Bikin Kartu Kredit
Sumber : Canva

Beberapa waktu lalu saya pernah membahas soal milenial budaya ngutang, akibat adanya sistem Pay Later, Bisa di baca artikelnya disini [Milenial Budaya Ngutang, Waspada Pay Later]

Melanjutkan pembahasan tersebut, ternyata kini banyak kasus yang terjadi di masyarakat penyalahgunaan identitas. semakin canggihnya teknologi, dimana orang-orang mempunyai sosial media, dan memposting kegiatan atau hal pribadi. sehingga mudah diketahui siapa keluarganya, berdasarkan tag (menandai orang lain dalam sebuah postingan). Namun untuk alamat rasanya tidak dengan mudah kita akan menyebarkannya bukan?

Lalu darimana orang yang melakukan penyalahgunaan mengetahui alamat kita?. Entahlah, tanpa disadari kita sering mendaftarkan diri pada aplikasi-aplikasi lain, bisa saja mereka menyimpan data, mengumpulkan data orang lain lalu menjual data tersebut. Mungkin ini hanya kecurigaanku saja.

Namun sekarang banyak terjadi, tidak mempunyai kartu kredit, tak pernah melakukan pinjaman online tapi mendapat tagihan atas pinjaman. Bagaimana bisa?

Jadi ceritanya kali ini ada seseorang yang memposting di twitter pribadinya bernama Andi Karina (@Karinhaie), menceritakan kronologi kejadian, bahwa Ia mendapatkan somasi, padahal Ia mengatakan tidak pernah membuat kartu kredit dan bahkan tidak punya rekening di bank yang bersangkutan. hal ini sangat mengagetkan dirinya dan bahkan orang-orang yang membaca twitt tersebut.

Ini isi somasi yang di posting pada twitternya, 

Sumber : Twitter @Karinhaie
Sumber : Twitter @Karinhaie

Andi Karina mengatakan:

"Lagi bingung sumpah.. Tiba2 dapat surat somasi kayak gini padahal ga pernah punya kartu kredit dan tidak punya rekening di bank yang bersangkutan. Awalnya aku pikir ahh penipuan nih mengatasnamakan bank tersebut. 

Ehh ternyata pas aku telp ke call center, bener rek dan cc tersebut atas namaku dan macet. Aku ngajuin tahun 2017 katanya padahal aku ga pernah loh ngelakuinnya. Anehnya lagi setelah diselidikin nama dan tanggal lahirnya aja yang sama tapi semua data yang ada disana seperti alamat dan kantor beda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x