Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Langsing Setelah Ramadan, Minum Ini!

13 April 2021   14:24 Diperbarui: 13 April 2021   14:36 182 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Langsing Setelah Ramadan, Minum Ini!
Sumber: CANVA

Bulan Ramadan bulan yang penuh keberkahan. Selain meningkatkan ibadah, banyak orang yang mengharapkan setelah ramadan berakhir badan akan menjadi langsing, karena selama 1 bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Namun nyatanya banyak juga yang saat lebaran berat badan meningkat dan badan menjadi lebar. Maka menjaga asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa juga penting ya kompasianer.

Namun, seringkali berbuka puasa tanpa memikirkan kesehatan gizi yang penting perut kenyang dan puas melepas dahaga, apalagi ketika siang hari misalkan melihat iklan makanan yang sangat menggiurkan sehingga langsung masuk list untuk menu berbuka, ah rasanya ingin memakan segala  ketika berbuka. Perlu di ingat! perut pun memiliki kapasitas, kita tidak akan bisa memakan banyak makanan sesuai yang kita inginkan. Jadi jangan berlebihan juga ya, malah kebanyakan makanan nanti mubazir loh.

Nah selagi di awal ramadan, untuk menjaga badan tetap sehat segar bugar dan ditambah lagi untuk melangsingkan badan, yuk rutin minum infused water lemon. Cara membuatnya sangat mudah, potong-potong lemon beserta kulitnya, masukan ke dalam botol minum, dan diamkan selama beberapa jam. Misal untuk diminum saat sahur, Anda bisa menyiapkan pada malam hari, dan untuk berbuka bisa menyiapkan setelah sahur. Infused water sangat bagus sekali untuk tubuh.

Melansir dari jurnal pangan dan gizi oleh Trisnawati, Infused water atau spa water adalah air yang ditambah dengan potongan buah-buahan dan didiamkan selama beberapa jam sampai sari buahnya keluar, lalu siap dikonsumsi, sehingga memberi cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Air yang diberi potongan buah ini akan terasa segar dan beraroma khas, tidak terasa manis seperti jus atau sari buah karena tanpa tambahan zat aditif.

Nah salah satu buah yang sering dijadikan infused water yaitu buah lemon. Buah yang mengandung asam sitrat ini tentu saja rasanya asam, namun ternyata banyak sekali kandungan dan manfaatnya.

Dilansir dari halodoc bahwa manfaat dari infused water yaitu:

  • Diklaim dapat menurunkan berat badan
  • Memperlambat penuaan dini
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • Melancarkan organ pencernaan

Apabila kita meminum infused water lemon, kita bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Dok pribadi | Edit design CANVA
Dok pribadi | Edit design CANVA

lalu kenapa sih infused water lemon bisa menurunkan berat badan?

Alasannya sebagai berikut:

  • Rendah Kalori
  • Menghidrasi tubuh
  • Meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan rasa kenyang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN