Mohon tunggu...
Anissa Putri Pradita
Anissa Putri Pradita Mohon Tunggu... Blogger

Blogger | Ig :anissaputripr | Youtube: https://m.youtube.com/channel/UC3OR7mr9ZrUyDoPvGNkKQ-Q| Blog : http://www.kataapp.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menghargai Orang Lain Sebagai Pembentukan Energi Baik

2 Agustus 2018   00:30 Diperbarui: 2 Agustus 2018   06:49 0 1 0 Mohon Tunggu...
Menghargai Orang Lain Sebagai Pembentukan Energi Baik
www.dictio.id

Manusia memang tidak terlahir sempurna. maka dari itu, menghargai orang lain itu penting agar tidak saling mencela kekurangan orang.

Ada dua video youtube yang menarik perhatian saya tentang kurangnya menghargai orang lain, yaitu video Agung Hapsah yang berjudul " Youtuber Bocah"dan Gita Savitri Devi "Youtube Creators for Change: Gita Savitri Devi- The Hate you Give". 

Video Youtuber Bocah berisi tentang komentar negatif atas video youtube anak-anak kecil. Ya mereka anak kecil. Mereka belum ahli dalam mengedit video dan mereka masih menggunakan  kamera hp yang kualitasnya kurang baik. Ironinya, komentar negatif di akun youtube mereka bermunculan. Hal itu dapat memberi dampak negatif  untuk mereka seperti ketakutan, kurang percaya diri, dan stress. Anak-anak kecil itu perlu dukungan dan pujian dalam karya seni. Kenapa mereka tidak bisa menghargai hasil usaha youtuber bocah tersebut?. Apakah untuk mendapat hasil yang baik butuh proses yang cepat atau singkat? .

Video The Hate You Give berisi tentang bagaimana first impression peserta melihat penampilan orang lain di Instagram. Salah satu peserta yang menilai penampilan orang memiliki tato di bagian tubuhnya adalah orang yang nakal?. Orang yang memiliki tato adalah orang yang menakutkan dan di jauhi banyak orang. Jangan menilai lalu menghakimi orang itu dari penampilan saja. Tapi tidak tahu perilaku seseorang. Seringkali orang merasa dirinya benar dan menilai orang lain itu buruk tanpa bukti yang valid.

Inilah yang terjadi pada zaman sekarang di Indonesia. Kurangnya menghargai orang lain yang menjadi permusuhan dan perdebatan yang tidak terselesaikan. Lalu bagaimana sih caranya untuk menghargai orang lain? .

1. Mulai dari diri sendiri.

Mulai dari diri sendiri | sumber: www.pelamarkerja.com
Mulai dari diri sendiri | sumber: www.pelamarkerja.com

Bagaimana bisa menghargai orang lain, sedangkan diri kita belum bisa menghargai diri sendiri. Sering aktif di sosial media membuat diri sendiri suka membandingkan dengan orang lain. 

Lihat terlebih dahulu batasan kemampuan diri sendiri dan jangan memaksa diri sendiri menjadi orang lain dari segi karakter  maupun fisik seseorang karena Tuhan menciptakan makhluknya dalam bentuk sebaik-baiknya. 

Kebanyakan orang kurang percaya diri dan ingin menjadi sosok yang bukan dirinya. Cara untuk menghargai diri sendiri yaitu bersikap positif dalam melakukan aktivitas supaya kita bangga dan percaya diri dengan apa yang dikerjakan, memaafkan kesalahan diri sendiri dan menjaga kesehatan seperti makan bergizi, olahraga, istirahat yang cukup. Love Your Self.. jangan menyakiti diri sendiri dan selalu bersyukur menerima keadaan diri masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3