Kuliner Pilihan

Pengalaman Pertama Explore Kuliner di Xplorasa SMS dengan Transaksi Kartu Debit Danamon

17 Mei 2018   12:18 Diperbarui: 17 Mei 2018   13:11 375 0 0
Pengalaman Pertama Explore Kuliner di Xplorasa SMS dengan Transaksi Kartu Debit Danamon
DOKUMENTASI PRIBADI

Xplorasa hadir di Summarecon Mall Serpong. Event ini bentuk kerjasama UKM dan Danamon dimulai dari tanggal 12 April sampai dengan 13 Mei 2018.  

Ini pengalaman pertama saya bergabung KPK Grebek (Kompasianer Penggila Kuliner) . Kebetulan jarak lokasi SMS tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya. Saya sering melewati SMS pada malam hari yang sangat ramai penuh tenda-tenda berwarna-warni, rasa penasaran saya sudah terjawab setelah mengikuti KPK grebek ini. 


Buka Rekening Danamon Ternyata Mudah

Saya mencoba buka rekening Danamon sebelum kulineran di Xplorasa. Caranya: mendownload aplikasi D-Bank registration lalu isi data sesuai E-KTP. Registasi dibantu oleh Customer Service Danamon. Setelah daftar di aplikasi, lalu menyesuaikan data, membuat password dan  baru bisa mendapat Kartu debit Danamon di Stand Bank Danamon. 

Mengeksplor Kuliner di Xplorasa

Sebelum masuk ke Xplorasa, bagi yang tidak punya kartu debit Danamon bisa menukarkan uang  dengan voucher Xplorasa. Untung saja saya punya kartu debit Danamon, jadi saya nggak perlu mengantri untuk menukar uang dengan voucher. 

Xplorasa seperti Karnaval Kuliner yang sangat cocok buat food blogger dan pencinta kuliner, karena di Xplorasa terdapat jenis makanan dari dessert, cemilan, soft drink, hingga makanan berat yang kekinian. Kuliner yang tersedia bukan hanya kuliner khas daerah saja, tetapi banyak kuliner dari beberapa negara seperti Thailand, Malaysia India, Singapura, Korea, Cina dan Jepang.

Kuliner pertama, saya mencoba Takoyaki. Ya,  takoyaki makanan dari Jepang yang menjadi makanan kekinian di Indonesia. Bentuknya bulat kecil, dan isi dalamnya ada potongan gurita. Harga Takoyaki Rp. 25.000 seporsi. Dalam satu porsi isi 6 Takoyaki. 

Selanjutnya saya mencoba kuliner yang sedang viral di Indonesia yaitu Es Kepal Milo. Es Kepal Milo berasal dari Malaysia. Kalau di Malaysia  menyebutnya Ais Kepal Milo. Es batu besar di hancurkan menjadi kecil-kecil, lalu dikepal dengan sendok hingga berbentuk kerucut, kemudian diberi adonan Milo dan toping.

Mencoba Es Kepal Milo
Mencoba Es Kepal Milo

Saya pun mulai mencoba untuk pertama kali es kepal milo karena saya tidak mau ketinggalan dengan kuliner yang viral sampai sekarang. Menurut saya, rasa Es kepal Milo terlalu manis jadi lebih enak dikonsumsi jika sedikit mencair. Harga Es Kepal Milo Rp. 19.000.

Tidak semua kuliner bisa saya cicipi karena beberapa kuliner ada menu daging babi. Hal itu membuat saya jadi teliti untuk mencari kuliner yang halal. 

Transaksi dengan Kartu Debit Danamon

DOKUMENTASI PRIBADI
DOKUMENTASI PRIBADI

Selama explore kuliner di Xplorasa, saya membayar menggunakan kartu debit Danamon. Saya hanya mengetik nomor pin, lalu mendapat struk dan transaksi pun selesai. Ternyata sangat mudah dan praktis dibandingkan saya memegang banyak voucher untuk membayar.

Bonus dari Danamon
Bonus dari Danamon

Danamon memberikan bonus voucher Rp. 20.000 dan gantungan kunci jika struk pembelian di Xplorasa mencapai senilai Rp.  100.000 dengan syarat voucher ini tidak dapat ditukar dengan uang. 

Fasilitas apa aja sih yang ada di Xplorasa

Uniknya gapura Xplorasa menarik perhatian pengunjung untuk datang ke tempat ini. Xplorasa menyediakan kursi dan meja, sehingga pengunjung bisa makan dan minum di area Xplorasa. 

Sebelum makan tentunya cuci tangan terlebih dahulu dan berdoa. Xplorasa juga menyediakan tempat wastafel cuci tangan portabel. Tidak perlu masuk ke toilet Mall untuk mencuci tangan. 

Wastafel cuci tangan
Wastafel cuci tangan

Kebersihan tempat sangat penting. Banyak pengunjung  yang tidak peduli dengan sampah kemasan makanan atau minuman setelah makan dan minum. Ada beberapa tempat sampah juga tersedia. Petugas kebersihan di Xplorasa bertugas untuk membersihkan tempat selama acara sampai acara selesai. 

Ingin eksis dengan unggah foto,video kuliner xplorasa tapi khawatir menghabiskan kuota. Tenang,di Xplorasa juga ada hotspot wifi gratis. 

Ada panggung hiburan untuk mengisi acara pada malam hari karena pada malam hari pengunjung lebih banyak  dibandingkan siang hari. pengunjung dapat menyaksikan konser musik sambil menyantap kuliner.