Mohon tunggu...
Anis Safitri
Anis Safitri Mohon Tunggu... Penulis - Learner

Menulis: alternatif untuk menebar cinta kasih dan membuat dunia lebih baik. Mari berkoneksi melalui website saya www.anissafitri.com dan Instagram @irtifassina.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

4 Tips Ampuh Jadi Asisten Dosen

3 Juni 2022   06:56 Diperbarui: 3 Juni 2022   07:02 100 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com

Halo, Teman-teman!

Menjadi asisten dosen kerap kali jadi idaman mayoritas mahasiswa. Selain menambah pengalaman, jadi asisten dosen bisa juga menambah uang saku mahasiswa. Dosen biasanya akan memberi bayaran yang lumayan bagi mahasiswa yang sudah membantu proyeknya.

Nah, bagaimana cara agar kita sebagai mahasiswa bisa jadi asisten dosen? Berikut ini ada 4 tips yang bisa Teman-teman tiru. Tips ini saya buat sendiri berdasarkan pengalaman pribadi.

  • Dekat dengan dosen

Tak bisa dimungkiri, kedekatan dengan dosen bisa jadi faktor pendukung kita diajak untuk membantu proyeknya. Bagaimana kedekatan bisa dibangun? Menurut saya, kita bisa memulainya dengan hal kecil, seperti aktif di kelas. 

Jadikan diri kita diingat dosen dengan rajin bertanya, misalnya. Tentunya, upaya ini kita lakukan dengan tulus, ya. Artinya, kita berupaya dekat dengan dosen tanpa menjatuhkan teman lain.

  • Bangun branding yang baik

Di era sekarang, personal branding jadi hal penting untuk semua kebutuhan. Saran saya, bangun branding bahwa kita berkompeten untuk melakukan penelitian bersama dosen. 

Hal kecil yang bis akita lakukan yaitu ikut kegiatan penelitian mahasiswa, misalnya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan ikut PKM, kita bisa memiliki pengalaman penelitian. Kita juga bisa ikut UKM penelitian yang ada di kampus. Dengan langkah itu, harapannya dosen-dosen bisa tahu rekam jejak kita yang mampu berkecimpung di bidang penelitian.

  • Dekat dengan teman yang dekat dengan dosen

Tips ini benar-benar saya rasakan manfaatnya. Pertama kali saya ikut proyek dengan dosen yaitu karena diajak teman saya yang cukup dekat dengan dosen. 

Dia mantan ketua Himpunan Mahasiswa yang sudah pasti dikenal dosen-dosen di jurusan. Saat dia sedang ada proyek bersama dosen, dia ajak saya. Katanya, dia ajak saya karena saya pernah ikut UKM penelitian fakultas. Dari sinilah, saya pertama kali jadi punya pengalaman mengerjakan program pengabdian bersama dosen.

  • Cobalah menawarkan diri ketika dosen ada proyek

Saya belum pernah coba cara ini. Namun, car aini bisa juga dilakukan ketika dosen memang sedang cari volunteer dari mahasiswa. Bisa saja, ada dosen yang bingung mencari mahasiswa untuk menjadi asistennya, lalu kita bisa maju untuk menawarkan bantuan. Tentunya, kita perlu menggunakan bahasa yang sopan dan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan