Mohon tunggu...
Anis Safitri
Anis Safitri Mohon Tunggu... Penulis

Perempuan Gunungkidul yang ingin jalan jalan ke luar negeri gratis karena karyanya. Instagram: @irtifassina

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berprestasi demi Naikkan Gengsi

4 Agustus 2019   18:59 Diperbarui: 4 Agustus 2019   20:47 78 2 1 Mohon Tunggu...

Selamat ya, kamu dapat Juara 1. Kakak bangga sama kamu!

Keren banget sih kamu bisa dapat emas!!!

Ajakin aku lomba dong biar kita bisa ke luar negeri bareng!!!

 

Kalimat pujian di atas selalu diterima oleh orang-orang yang kerap dijuluki "anak lomba" di kampusnya. Tak main-main, orang yang baru beberapa kali ikut lomba (entah menang atau kalah) sudah pasti diejekin dengan sebutan "anak lomba". Entah rezeki atau malah suatu cobaan, orang yang dijuluki "anak lomba" sebenarnya telah menaikkan gengsinya sendiri.

Tuntutan Kampus

Berprestasi adalah idaman semua orang. Dosen, wakil dekan, bahkan rektor sekali pun selalu menganak-emaskan mahasiswa yang berprestasi. Alhasil, semua berbondong-bondong untuk ikut berbagai lomba, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Salah satu yang selalu dan selalu jadi primadona di kalangan mahasiswa adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), ajang kompetisi penelitian paling bergengsi di Indonesia. Kompetisi ini bisa dikatakan paling keren dan efektif untuk menaikkan gengsi. Melalui PKM, mahasiswa dapat menuangkan segala ide kreatifnya untuk kepentingan Indonesia. 

Dengan banyaknya jenis PKM, seperti PKM-M, PKM-P, PKM-K, PKM-KC, PKM-T, dan PKM-AI, mahasiswa memiliki ruang bebas untuk mengembangkan ide solutifnya. Mahasiswa juga tak perlu khawatir kehilangan arah karena di setiap fakultas atau universitas pasti memiliki PKM Center. Jika PKM-nya lolos didanai, mahasiswa tersebut berhasil mengantongi kesempatan besar untuk menaikkan gengsinya hehe...

Selain PKM, mahasiswa juga berkesempatan meraih prestasi dengan ikut lomba-lomba yang diadakan oleh suatu instansi, seperti lomba karya tulis ilmiah, lomba public speaking, lomba debat, lomba menulis esai, lomba bussines plan, lomba menulis puisi, dan banyak lagi. Mahasiswa tak perlu khawatir masalah biaya karena pihak fakultas atau universitas pasti memberikan sokongan berupa dana yang bisa meringankan biaya akomodasi. Mengenai alur pengajuan dana, mahasiswa dapat bertanya pada pegawai yang ada di pusat layanan akademik bagian kemahasiswaan atau bertanya pada kakak tingkat yang pernah mengajukan dana.

Sebenarnya, semua akses meraih prestasi sangatlah mudah dan luas. Dibutuhkan mahasiswa yang pantang menyerah dan mau bekerja keras agar dapat mencicipi pengalaman mengikuti berbagai lomba. Lagi-lagi, harus ada effort yang luar biasa demi bisa menaikkan gengsi!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x