Mohon tunggu...
Anis Yasmin Sabila
Anis Yasmin Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, semarang.

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2020/2021 Departemen Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro angkatan 2018.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Edukasi Protokol Kesehatan di Kampung Mekar Indah Jaya

5 Agustus 2021   03:24 Diperbarui: 5 Agustus 2021   03:25 49 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Edukasi Protokol Kesehatan di Kampung Mekar Indah Jaya
Sosialisasi Covid-19 dan pencegahan penyebaran virus corona/dokpri

Mekar Indah Jaya (08/07/2021), Berdasarkan data statistik JHU CSSE pada senin 5/7 Covid-19 di Indonesia menduduki peringkat 2 kasus positif Covid-19 dengan jumlah kasus positif sebanyak 29.745 orang. 

Peringkat 1 kasus pasien positif Covid-19 terbanyak negara India dengan kasus  positif sebanyak  34.067 orang, sedangkan peringkat ketiga setelah Indonesia negara Inggris dengan pasien positif Covid-19 sebanyak 27.363 orang.  

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam  mematuhi protokol kesehatan membuat pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya.

Masyarakat kampung Mekar Indah Jaya banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah padahal, salah satu warga kampung terpapar virus corona dan sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) dirumahnya.  

Peristiwa ini membuat mahasiswa KKN TIM II UNDIP membuat program kerja mengenai Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona di lingkungan kampung Mekar Indah Jaya.

Sosialisasi dilaksanakan di Balai Kampung Mekar Indah Jaya dan hanya dihadiri oleh Kepala Kampung, Aparatur Kampung, Ibu PKK, bidan, dan beberapa anggota Karang Taruna. Sosialisasi hanya dihadiri oleh beberapa orang dan diharapkan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi Covid-19 dapat dijadikan sebagai  pioneer dan contoh untuk warga kampung mentaati protokol kesehatan.

Sebelum melaksanakan program kerja sosialisasi Covid-19, mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan diskusi terlebih dahulu tentang pelaksanaan program KKN bersama ketua PKK dan Kepala kampung. Materi sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai bahaya virus corona, bagaimana proses penyebaran virus corona, dan pecegahan penyebaran virus corona.

Kegiatan sosialisasi dilakukan secara interaktif antara mahasiswa KKN dan peserta sosialisasi Covid-19. Selama kegiatan sosialisasi berjalan lancar dan seru karena banyak ibu PKK yang  antusias untuk bertanya kepada mahasiswa KKN seputar Covid-19. 

Aparatur kampung pun menyimak dengan baik sosialisasi covid-19 ini agar dapat langsung  dicontohkan kepada  masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.   

Sosialisasi Covid-19 untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi disambut positif oleh kepala kampung  Mekar Indah Jaya, bapak Budi Kuswara, “ Sosialisasi Covid-19  sangat bermanfaat untuk  masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sosialisasi Covid-19  ini membuat masyarakat sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan “, ujar  pak Budi Kuswara

“Saya berharap setelah adanya sosialisasi Covid-19 ini semua masyarakat Mekar Indah Jaya dapat mematuhi protokol kesehatan dan mengetahui bagaimana cara mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kampung ini,” ujar  Cicih.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x