Malang-Pandemi Covid-19 yang setahun ini sudah akrab di kehidupan masyarakat, banyak merubah tatanan kehidupan. Salah satunya tatanan di dunia pendidikan. Adanya pandemi ini menyebabkan dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan, terutama pada proses pembelajaran.
Proses pembelajaran yang semula berjalan secara tatap muka, kemudian beralih menjadi daring atau tatap maya. Hal itu membuat guru berupaya sedemikian rupa agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan tuntas. Tentu saja, waktu yang dihabiskan akan terfokus pada persiapan mengajar dan proses pembelajaran. Hal itu dapat menyebabkan guru tidak dapat melakukan kegiatan produktif dan meningkatkan kompetensi diri.
Salah satu kegiatan produktif yang dapat meningkatkan kompetensi diri guru adalah dengan menulis artikel ilmiah. Artikel ilmiah merupakan tulisan yang wajib dihasilkan oleh guru untuk jabatan profesional dan untuk kepentingan sekolah sebagai akreditasi. Akan tetapi, pada kenyataannya selama pandemi ini, guru tidak bisa menghasilkan artikel ilmiah karena sibuk dengan kegiatan pembelajaran daring.
Adanya permasalahan tersebut, dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkolaborasi dengan mahasiswa KKN PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) mitra dosen memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru di SD Muhammadiyah 8 Malang.
Pelatihan yang dikemas dalam workshop ini mengajak guru untuk lebih dalam lagi dalam mengenal artikel ilmiah serta bagaimana cara menulis artikel ilmiah. Selama kegiatan workshop, guru sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Guru banyak yang tertarik untuk menulis artikel ilmiah dengan melakukan riset kecil-kecilan selama mereka mengajar.
Pada akhirnya, tujuan akhir yang diharapkan adalah guru dapat menghasilkan artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional. Ketika guru sudah dapat menghasilkan sebuah artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal nasional, dapat memberikan nilai plus untuk menjadi guru yang mempunyai kompetensi.