Mohon tunggu...
Anis Nurohmah
Anis Nurohmah Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Andong

Halo, perkenalkan saya Anis, seorang guru sejarah. Bagi saya, pendidikan menjadi langkah awal dari perubahan diri dan pondasi dari setiap perabadaban. Selain konsisten dalam bidang pendidikan, saya juga sangat mencintai sejarah. Melalui sejarah, saya belajar nilai-nilai dari peristiwa dan belajar untuk tidak mengulang kesalahan yang sama. Bangsa yang besar berasal dari warga negara yang sadar akan makna dan nilai sejarah. Dalam hidup saya memiliki filosofi "Teko hanya akan mengeluarkan sesuai isinya", hal ini berarti apabila saya memiliki input yang baik maka akan mengeluarkan output yang baik, selain itu semakin banyak input yang saya ambil maka semakin banyak output yang bisa saya bagi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Praktik Baik Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

2 April 2023   23:23 Diperbarui: 2 April 2023   23:46 1775
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Modul ajar pembelajaran sejarah lokal (dokumentasi pribadi)

Platform Merdeka Mengajar yang disingkat dengan PMM merupakan paket kebijakan Kurikulum Merdeka episode-15 yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 11 Februari 2022. 

Mengutip dari laman pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id bahwa PMM dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.


Kemendikbudristek membuat transformasi teknologi pendidikan melalui PMM sebagai upaya meningkatkan kompetensi pendidik melalui platform digital yang dapat diakses melalui smartphone dan website

Era digital telah merubah paradigma pendidik dalam memenuhi aspek profesionalisme yang semakin tinggi indikatornya. Pendidik yang revolusioner akan cepat adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi sebab ia sadar bahwa zaman telah berubah termasuk cara memperoleh dan membagi informasi.

Transformasi digital membuat segala sesuatu menjadi lebih efektif dan efisien, menurut Vial (2021) transformasi digital memiliki tujuan untuk meningkatkan entitas melalui perubahan yang signifikan dengan cara mengkombinasikan teknologi informasi, komputasi, komunikasi, dan konektivitas.  Kini para pendidik dapat dengan mudah belajar secara mandiri tentang Kurikulum Merdeka dan topik terkait, berbagi hasil karya, berbagi praktik baik, berbagi aksi nyata, saling bertukar informasi dalam komunitas belajar, serta menemukan inspirasi dan materi mengajar berupa bahan ajar, modul ajar, modul projek, dan buku teks yang disusun mengacu pada Kurikulum Merdeka.

Peningkatan Kompetensi Guru Melalui PMM

Fitur yang terdapat dalam PMM dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk terus mengembangkan empat kompetensi yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Menurut Payong (2011) guru profesional memiliki kualitas dan kompetensi yang meningkat dari waktu ke waktu, kompetensi profesional yang telah ia peroleh digunakan untuk membimbing peserta didik secara pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Menurut Sagala (2009) terdapat lima indikator antara lain 1) memiliki keinginan untuk mengembangkan profesionalisme dan memperbaiki kualitas diri; 2) memiliki keinginan meningkatkan kualitas dan cita-cita dalam profesi; 3) memiliki keinginan untuk meningkatkan citra profesi; 4) mampu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal ; dan 5) memiliki kebanggaan sebagai seorang pendidik.

Pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah bahkan Dinas Pendidikan yang memiliki akun Google dengan domain belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id dapat dengan mudah meningkatkan kompetensi melalui fitur yang terdapat dalam PMM. Berdasarkan pengalaman penulis selama menggunakan PMM selama satu tahun, terdapat banyak keuntungan yang diperoleh untuk mengembangkan empat kompetensi, diantaranya:

1) Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran, pendidik harus memiliki keterampilan untuk memahami karakteristik peserta didik, teori belajar, pengembangan kurikulum, pengembangan potensi peserta didik, memahami cara berkomunikasi, dan keterampilan menyusun penilaian dan evaluasi belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun