Mohon tunggu...
Anis indriyani
Anis indriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - anisindriyani

The girls who has a million dream

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerapan Metode Hybrid Elearning Selama Pandemi Mahasiswa UNISA

29 Januari 2022   15:03 Diperbarui: 29 Januari 2022   15:19 45 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

    Terhitung sejak di Umumkannya wabah Covid-19 sebagai Pandemi,  dan di berlakukan nya protokol kesehatan diberbagai negara yang berimbas pada pengurangan aktivitas kontak fisik secara langsung, menyebabkan berbagai institusi yang ada harus menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Institusi Pendidikan adalah salah satu yang harus melakukan penyesuaian dengan mengalihkan kegiatan belajar mengajar ke sistem daring. Di Indonesia sistem daring saat ini telah diterapkan dalam institusi pendidikan tinggi. Perubahan sistem pembelajaran yang mendadak membuat banyak pihak belum siap sepenuhnya untuk melakukan pembelajaran secara daring, Namun tidak semua perguruan tinggi yang hanya melakukan pembelajaran daring saja. 

   Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta atau dikenal dengan UNISA ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan kebijakan kuliah menggunakan metode Hybrid learning, hybrid learning ini merupakan perpaduan antara pembelajaran daring dan tatap muka. 

Pada awal pandemi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta ini sudah melakukan kuliah daring, namun saat ini UNISA menerapkan pembelajaran Hybrid learning dibeberapa program studi yang melakukan Praktikum, Pembelajaran ini bentuk upaya agar hasil belajar mahasiswa UNISA ini meningkat karena selama perkuliahan daring banyak mahasiswa yang mengeluh bosan dan jenuh karena metode pembelajaran daring yang dirasa semakin monoton dan tidak efektif. 

 Perkuliahan tatap muka di UNISA ini dapat dilakukan secara bergantian dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan yaitu mahasiswa harus melakukan Test Swab dan sudah di Vaksin minimal dosis pertama dan tentunya harus menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak), Dosen dan Mahasiswa juga dapat Berkolaborasi untuk menciptakan komunikasi yang aktif melalui berbagai media komunikasi sebagai sarana belajar atau diskusi yaitu dengan menggunakan Zoom, Gmeet, Whatsapp grup, Email, Maupun Classroom. 

Selain itu Mahasiswa UNISA  juga bisa mengisi kehadiran atau Presensi pada aplikasi UNISA_SWA_Mahasiswa,selain itu juga UNISA Menyediakan E-Learning atau Lensa Unisa yang di gunakan untuk pembelajaran daring atau jarak jauh  upaya ini agar pembelajaran nya tetap berjalan dengan baik, Proses belajar Mahasiswa UNISA juga akan lebih menyenangkan karena menggunakan metode dan media yang variatif. 

Dengan demikian hasil belajar Mahasiswa di harapkan dapat terus Meningkat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan