Mohon tunggu...
Ajeng A
Ajeng A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pribadi yang periang, tidak suka keramaian dan suka nonton anime.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seminar Konsumsi dan Produksi di Desa Santanamekar

8 Agustus 2022   21:12 Diperbarui: 21 Agustus 2022   08:43 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 03 Agustus 2022, mahasiswa KKN (Kerja Kuliah Nyata) Kelompok 176 Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan Sosialisasi Konsumsi dan Produksi Desa dengan tema Strategi Pemasaran Usaha Rumahan di Era Revolusi Industri 4.0 dihadiri oleh warga sekitar serta pelaku Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) Desa Santanamekar. Sosialisasi tersebut ditujukan dan memfokuskan pembahasan pada Penggunaan media sosial bagi para pelaku usaha guna ikut serta dalam digitalisasi yang kini kian melesat lebih cepat. 

Sesuai yang diketahui, menurut data bahwa Desa Santanamekar ini memiliki beberapa kelompok penggerak di bidang ekonomi. Diantaranya, pembuatan gula dan anyaman bambu yang biasa disebut dengan besek/pipiti . Berdasarkan hasil survey lapangan para mahasiswa KKN pun mendapati hasil bahwa banyak dari para pelaku usaha dan UMKM yang kesulitan dalam memasarkan produk-produknya. Hal ini juga disebabkan kurangnya mengetahui akan perkembangan teknologi oleh penduduk Desa Santanamekar. Sedangkan pada saat ini teknologi berkembang begitu pesat tidak terkecuali dalam pemasaran. Pasar konvensional yang sebelumnya dilakukan di keda-kedai atau toko kini beralih menjadi pasar online pada berbagai aplikasi seperti shopee, buka lapak, lazada, tokopedia dan berbagai platform penjualan online lainnya.

whatsapp-image-2022-08-21-at-08-41-04-1-63018d863555e42cb4170fa2.jpeg
whatsapp-image-2022-08-21-at-08-41-04-1-63018d863555e42cb4170fa2.jpeg
Dari beberapa masalah tersebutlah, Mahasiswa KKN memiliki ide untuk melaksanakan Sosialisasi Konsumsi dan Produksi Desa dengan tema Strategi Pemasaran Usaha Rumahan di Era Revolusi Industri 4.0. Adapun tindak lanjut dari sosialisasi yang dilakukan, sesuai yang sudah direncanakan bersama UMKM Desa Santanamekar di Bulan Agustus 2022 akan dilakukan pendampingan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan