Mohon tunggu...
Anisa Sholatiah
Anisa Sholatiah Mohon Tunggu... Psikolog - Mahasiswi Psikologi Islam

Psikologi Islam UIN Antasari Banjarmasin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dampak Gadget pada Interaksi dalam Keluarga

23 Oktober 2019   12:25 Diperbarui: 23 Oktober 2019   12:35 1308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada zaman modern sekarang, gadget bukanlah benda asing lagi bagi kita. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang kita dapati di tangannya selalu memegang gadget. Memang benar, kegunaan gadget sangatlah banyak sekali. Kita menggunakan gadget mulai dari untuk bekerja, menghubungi orang yang tidak dekat jaraknya dengan kita, dll. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang menggunakan gadget untuk hal yang tidak penting, mereka menggunakan gadget secara berlebihan tanpa mengenal waktu. Oleh karena itu, saya melakukan penelitian kepada beberapa orang mengenai dampak yang di dapat ketika menggunakan gadget terhadap keluarga.

Untuk mendapatkan hasil dari penelitian yang saya inginkan, saya membuat beberapa pertanyaan kepada 3 orang. Berikut adalah hasil wawancara saya :

1. Seberapa sering Anda menggunakan gadget di rumah ?

dua dari narasumber saya mengatakan mereka sering menggunakan gadget ketika berada di rumah, dikarenakan mereka bosan dengan suasana rumah yang sepi dan dikarenakan mereka tidak mempunyai pekerjaan lain.

2. Apakah anggota keluarga Anda yang lain juga sering menggunakan gadget ketika dirumah ?

ketiga narasumber saya menjawab bahwa keluarga mereka sering menggunakan gadget ketika berada dirumah

3. Mana yang lebih sering Anda dan keluarga Anda lakukan ketika berada dirumah ? Bermain gadget atau berbincang dengan keluarga ?

satu dari ketiga narasumber saya menjawab bahwa ketika dirumah dirumah, mereka lebih sering bermain gadget, sangat jarang berbincang dengan keluarga secara langsung.

Dari ketiga pernyataan di atas, dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa orang yang lebih banyak berinteraksi melalui gadget dibandingkan berinteraksi secara langsung. Kemudian saya juga membuat beberapa kesimpulan yang saya dapatkan tentang dampak negatif dan positif dari Dampak Gadget Pada Interaksi dalam Keluarga.

Dampak Positif :

1. Memudahkan mendapat informasi dan berkomunikasi dari keluarga yang jauh

2. Memudahkan untuk saling membantu ketika berada di luar rumah

Dampak Negatif :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun