Mohon tunggu...
Anisa Farah
Anisa Farah Mohon Tunggu... Masih belajar

من جد و جد

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Stimulasi pada Perkembangan Otak Anak Usia Dini

19 April 2021   06:44 Diperbarui: 19 April 2021   06:50 77 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stimulasi pada Perkembangan Otak Anak Usia Dini
Sumber : slideshare.net

Kualitas otak seseorang akan tampak pada lisan yang mengucapkan kata, pada perilaku yang mencerminkan jiwa. 

~bunda lilan


Setiap manusia pasti akan tumbuh dan berkembang. Begitupula dengan organ-organ yang ada dalam tubuh kita. Salah satu bagian tubuh yang paling cepat perkembangannya adalah Otak.

Perkembangan otak pada anak usia dini sangatlah cepat. Perkembangan ini akan mempengaruhi pada aspek perkembangan lainnya seperti kognitif, bahasa, fisik motorik, serta emosional anak.

Karena sangat pentingnya perkembangan otak pada usia dini, maka para orang tua harus memberikan perhatian yang maksimal agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan baik.

Otak anak yang batu lahir, memiliki berat 25% berat otak orang dewasa. Ketika anak berusia 2 tahun maka otak mengalami peningkatan yaitu memiliki berat 75% dark berat otak orang dewasa.

Pada saat anak baru lahir dan berusia 2 tahun anak memiliki perkembangan otak  yang sangat pesat. Disini peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan oleh anak, karena orang tua atau guru harus memberikan stimulasi (rangsangan) yang tepat bagi anak.

Stimulasi adalah rangsangan suara, visual, sentuhan, kinestetik yang diberikan oleh seseorang sejak otak bayi mulai berkembang.

Tujuan dari memberikan stimulasi pada anak adalah untuk merangsang kualitas, dan kuantitas sel-sel otak agar dapat berfungsi dengan optimal.

Memberikan stimulasi pada saat usia dini dapat merangsang otak anak agar cerdas. Karena di dalam otak anak terdapat Benyak neuron yang meningkat ketika ia mendapatkan rangsangan yang berupa kegiatan atau ketrampilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x