Mohon tunggu...
Anisa PutriDanianti
Anisa PutriDanianti Mohon Tunggu... Perbankan syariah

Mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Fungsi Audit dan Tanggung Jawab Auditor Serta Komentar dalam Kasus Cendant

21 Mei 2019   07:22 Diperbarui: 21 Mei 2019   08:24 0 1 0 Mohon Tunggu...


CENDANT corporation adalah konglomerat layanan konsumen yang dibentuk pada Desember 1997 dengan merger $ 14 miliar antara dua perusahaan - HFS Inc. dan CUC International. Merger menggabungkan kepemilikan travel dan hotel HFS dengan bisnis pemasaran langsung CUC. Anak perusahaan termasuk merek nama seperti Sewa Mobil Avis, Howard Johnson, Days Inn, dan Ramada. Setelah penyelesaian merger, pendiri dan CEO CUC, Walter Forbes, dijadwalkan menjadi Ketua Dewan dari operasi gabungan; pendiri HFS, Henry Silverman, dijadwalkan melayani sebagai Presiden dan CEO. Penggabungan antara CUC dan HFS diumumkan. secara resmi.Auditor perusahaan CUC, Ernst & Young, berupaya memverifikasi saldo kas perusahaan tiga bulan lebih awal karena merger yang tertunda.

Ketika CUC berhenti menyelesaikan laporan keuangan yang diminta, tim akuntansi HFS dikirim untuk membantu. Dana cadangan merger dan simpanan merger yang tidak dijelaskan dan dicurigai yang tercantum dalam buku-buku CUC menimbulkan kekhawatiran tambahan.

April 1998 : "Perbedaan" Akuntansi di CUC diungkapkan.

Arthur Andersen menyerahkan hasil audit forensiknya kepada dewan direktur Cendant. Audit mengungkapkan bahwa CUC telah melebih-lebihkan pendapatan dan pendapatan sebelum pajak lebih dari $ 500 juta selama tiga tahun.

Cendant meluncurkan penyelidikan internal akuntansi menggunakan metode penyatuan kepemilikan untuk mengkonsolidasikan laporan keuangan perusahaan gabungan (yang kemudian diizinkan oleh prinsip akuntansi yang diterima secara umum [GAAP]). Cendant menggugat kantor akuntan CUC Ernst & Young, yang menyalahkan eksekutif CUC.Cendant menyelesaikan gugatan pemegang saham class action sebesar $ 2,83 miliar. 

Pada musim semi tahun 1998, bagaimanapun, pejabat perusahaan go public dengan penemuan perbedaan akuntansi potensial. penipuan berpuluh-puluh tahun di CUC terungkap. Kasus ini diprediksi merugikan para investor sedikitnya US$ 19 miliar dan merupakan penipuan terbesar yang dieksekusi SEC.

Atas kasus ini, perusahaan digugat dengan tuntutan pembayaran senilai lebih dari US$ 3 miliar. Pengadilan menghukum mantan CEO Cendant Walter Forbes dengan hukuman kurungan 12 tahun dan tujuh bulan di penjara federal. Dia pun harus membayar denda sebesar US$ 3,27 miliar.

Fungsi dan tanggung jawab Auditor serta komentar terhadap kasus cendant di atas 
l. Menurut laporan auditor forensik Arthur Andersen, berikut adalah masalah dalam kasus cendant :
-Penyesuaian sisi atas telah dilakukan terhadap laporan keuangan triwulanan
-Cadangan merger dilebih-lebihkan.
-Cadangan pembatalan keanggotaan dilebih-lebihkan.
-Pengakuan pendapatan agresif digunakan.

Auditor bertanggung jawab untuk mengevaluasi kepantasan estimasi akuntansi yang dibuat oleh manajemen dalam konteks laporan keuangan secara keseluruhan. Karena estimasi didasarkan atas faktor-faktor subjektif dan objektif, sulit bagi manajemen untuk menetapkan cara pengendalian untuk itu. Meskipun didalam proses estimasi manajemen melibatkan karyawan kompeten yang menggunakan data relevan dan andal, terdapat kemungkinan masuknya faktor subjektif dalam estimasi tersebut. 

Oleh karena itu,pada waktu merencanakan dan melaksanakan prosedur untuk mengevaluasi estimasi akuntansi, auditor harus mempertimbangkan, baik faktor subjektif maupun objektif, dengan suatu sikap skeptisme professional. Ernst & Young harus bertanggung jawab, karena laporan auditor untuk kepentingan masyarakat luas termasuk pemegang saham, apalagi perusahaan tersebut listing, untuk itu perlu dilakukan konfirmasi oleh auditor kepada pihak ketiga terhadap asersi laporan keuangan.

Cendant tampaknya merupakan kasus perusahaan jujur yang menyatu dengan perusahaan yang tidak jujur dalam merger.Konsistensi kas yang dilaporkan dengan tingkat kas aktual adalah hal yang paling sederhana yang mungkin dilakukan auditor untuk memverifikasi, namun baru pada saat penggabungan antara CUC dan HFS auditor Cendant pertama kali mendeteksi sesuatu yang serba salah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x