Mohon tunggu...
Anisa Nurafidah
Anisa Nurafidah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perdana Daring, KKN Covid-19 UNS Tangkal Informasi Hoaks di Boyolali

10 Juli 2020   14:24 Diperbarui: 10 Juli 2020   14:32 4 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka turut serta memutus mata rantai persebaran dan penularan Covid-19, Universitas Sebelas Maret menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 tahun 2020 secara daring. 

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Anisa Nuraf'idah NIM K7617009 prodi Pendidikan Ekonomi di bawah bimbingan Bapak Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si  selaku Dosen Pembimbing Lapangan. 

KKN ini bertempat di RT 05 RW 04 Dusun Tritis, Desa Jemowo, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali. Mengusung tema besar "Supporting Pemaham Masyarakat terhadap Covid", kegiatan KKN Covid-19 di RT 05/04 Dusun Tritis dimulai pada tanggal 1 Mei 2020 -- 19 Juni 2020 dengan serangkaian program kerja antara lain Covid Edu, pendampingan masyarakat tentang PHBS, pemahaman tentang bahaya covid dan penularannya, dan pentingnya stay at home. Kegiatan ini sangat selaras dengan tujuan diadakannya KKN yaitu untuk mengabdi kepada masyarakat dan turut serta dalam menyelesaikan masalah di masyarakat.

Pada KKN Covid-19 ini, mahasiswa KKN UNS dituntut untuk berpikir solutif dan kreatif untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Covid, serta mampu menangkal informasi hoax yang ada di Boyolali agar tidak menambah kepanikan dan keresahan warga. 

Edukasi Covid secara daring melalui aplikasi WhatsApp Group dan Instagram, edukasi pembuatan masker dari kain, edukasi cara dan pentngnya memakai masker saat bepergian, edukasi social distancing, edukasi pentingnya stay at home, pembagian sarana cuci tangan gratis, edukasi cara mencuci tangan yang benar, pembagian masker non-medis geratis, serta edukasi Covid secara luring melalui pamflet dan MMT yang dilakukan di RT 05/04 Dusun Tritis dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya mematuhi portokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna mencegah penularan Covid-19. 

Kirno, selaku ketua RT 05/04 Dusun Tritis mengapresiasi dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN Covid-19 karena telah turut serta membantu meningkatkan pemahaman warga terhadap Covid-19 sehingga kesadaran warga lebih meningkat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x