Mohon tunggu...
Anisa Deasty Malela
Anisa Deasty Malela Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger yang aktif menulis dan menyukai banyak kegiatan positif

Danone Blogger Academy Batch 1 |Lifestyle| Content Writer | 085781068275 | anisa_dee007@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Happy Moms, Happy Son! Perjuangan Kartini Saat Stay at Home!

20 April 2020   19:35 Diperbarui: 20 April 2020   19:58 270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Berbagi pengalaman kesulitan saat proses menyusui dok.pribadi)


Siapa bilang Kartini Indonesia hanya mementingkan kesetaraan gender dan ingin sukses berkarir. Kartini Indonesia era kini, juga sangat memperdulikan keluarga tercinta. Tidak sedikit wanita hebat dengan karir yang sukses mampu mengurus rumah tangga dan memperhatikan semua asupan nutrisi penting bagi anak-anak mereka.

Tentu saja dukungan keluarga, lingkungan dan tempat kerja menjadi faktor utama dari kesuksesan kita, para Kartini Indonesia zaman sekarang. Masalahnya ibu hamil dan menyusui rentan terhadap stres kalau tidak ada dukungan positif dari sekitar.

Ada yang sedang program kehamilan atau sedang menyusui seperti saya, tetapi ingin terus menjalani karir?

Saya mau berbagi cerita mengenai program kehamilan yang pernah saya alami. Beberapa tahun lalu, sebelum memiliki buah hati terasa sangat berat untuk bisa hamil. Karena saya menikah di usia yang sudah tidak lagi muda, dan beberapa kali mengalami keguguran.

Selain itu faktor lingkungan kerja yang lumayan sibuk membuat saya sedikit abai pada kesehatan diri dan janin yang sedang dikandung. Memang ya, kalau saat karir bagus kita lebih mementingkan pekerjaan.

Sering saya menyalahkan diri sendiri, kenapa tidak bisa jaga diri dan kehilangan calon bayi. Ternyata semua itu terjadi karena kesibukan saya dan kurang memperhatikan asupan gizi saat masa kehamilan. Ketika morning sickness datang, saya malas makan apapun padahal ini sangat diperlukan oleh janin. Hal ini mengakibatkan calon bayi di kandungan kekurangan asupan gizi dan berakibat fatal, yaitu keguguran. 


Sumber : https://asimor.co.id/
Sumber : https://asimor.co.id/

Setelah mengetahui betapa pentingnya asupan gizi yang sehat juga seimbang untuk ibu hamil, calon bayi, dan juga saat menyusui, saya mulai memperbaiki pola hidup dan semua asupan makanan. Terlebih 1000 hari pertama kehidupan anak sudah dimulai saat kita hamil loh.

Ingat saat-saat trimester pertama kehamilan dulu, saya kewalahan dengan mual-mual di pagi hari dan sulit makan, bahkan berat bukannya bertambah, tapi malah berkurang, sehingga saya khawatir bisa mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Dokter kandungan bahkan sampai menyarankan untuk minum beberapa suplemen agar ibu hamil dan bayi tetap sehat. Alhamdulillah, setelah dipaksa untuk makan makanan sehat, meski masih sering dimuntahkan, berat badan saya dan janin terus mengalami perbaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun