Mohon tunggu...
Anisah Arief
Anisah Arief Mohon Tunggu... Hitam putih

Seseorang yg mengagumi senja

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Belajar dari Tim Markesot

7 April 2021   22:14 Diperbarui: 7 April 2021   22:26 40 6 0 Mohon Tunggu...

Pertama kali saya membaca istilah Tim Markesot ini dari tulisan editor kompas, Wisnu Nugroho. Melalui ulasannya saya tahu siapa tim markesot. Markesot disini bukan sosok yang lugu, cerdas, mbeling dan terkadang misterius, yang merupakan tokoh bentukan Cak Nun,  tapi merupakan Tim yang dibentuk Denny manusia got asal Bekasi. 

Markesot ini singkatan dari Mari Kita Ngesot, yang merupakan tim pembersih got yang ada di wilayah Bekasi. Awalnya Denny adalah seorang penarik becak, yang kehilangan pelanggan karena Covid-19. Hal ini tidak membuat dia berkeluh kesah dan meratapi nasib. 

Sejumlah peluang dilihatnya sebagai suatu usaha. Hingga ia menemukan satu peluang yang hampit tidak ada orang yang mau melakukannya. Dengan hanya modal kekuatan fisik dan mental kerja kerasnya, dia berkeliling menawarkan jasa untuk membersihkan got, sehingga ketika hujan tiba got-got menjadi lancar. 

Apa yang dilakukan Denny sempat viral di media, viral adalah nilai tambah yang didapatkan oleh seorang Denny. Dari Denny manusia got ini kita belajar bagaimana mengatasi kesulitan di masa pandemik Covid 19. 

Denny bisa dikatakan sebagai seorang wirausaha. Wirausaha berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Sedangkan “usaha” berarti perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.[1]

Karakter wirausaha yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin menjadi wirausahawan agar sukses dalam menjalankan usahanya yang utama adalah kreatif. 

Definisi/arti kata 'kreatif' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalahkreatif/kre·a·tif/ /kréatif/ a 1 memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yang -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi;[2] 

Kreatif adalah kunci utama yang menunjang seorang wirausaha. Jika kita kreatif, tanpa modal, tanpa kantor, tanpa uang kita bisa memulai usaha.

Menurut Bygrave dalam www.gurupujaz.wordpress.com ada sepuluh karakter wirausaha dikenal dengan 10 D, yaitu: 1) Dream : memiliki keinginan mewujudkan impian di masa depan, 2) Decisiviness : mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat 3) Doers : melakukan tindak lanjut terhadap keputusan yang diambil, 4) Determination : melaksanakan kegiatan  dengan tanggung jawab dan pantang menyerah, 5) Dedication : memiliki dedikasi yang tinggi dan rela berkorban, 6) Devotion : tidak mengenal lelah, fokus memperhatikan bisnisnya, 7) Details : mampu menganalisa secara rinci sampai hal-hal kecil 8) Destiny : mampu merumuskan tujuan yang  akan  dicapai 9) Dollars : uang bukan semata-mata tujuan yang akan dicapai 10) Distribute : mampu mendistribusikan atau membagi tugas, wewenang dan kepemilikan kepada orang lain.

Tentunya dengan memiliki karakter wirausaha ini, dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun kita mampu tetap bertahan.

[1] gurupujaz.wordpress.com

[2] kbbi.web.id

VIDEO PILIHAN