Mohon tunggu...
Anisa Dwiki G
Anisa Dwiki G Mohon Tunggu... Semangat menulis

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semangat Kemanusiaan di Era 4.0

9 Mei 2021   15:24 Diperbarui: 9 Mei 2021   15:27 24 1 0 Mohon Tunggu...

Sudah tidak terasa saat ini perubahan dunia sangatlah cepat sampai terkadang kita tidak menyadari dengan perubahan yang terjadi. Sedikit mengingat kembali dari zaman kita berkomunikasi menggunakan alat-alat tradisional dan sederhana sampai sekarang ini yang sudah mulai bergeser dengan alat-alat serba canggih dan modern dilengkapi dengan teknologi tinggi yang tentunya tidak pernah terpikirkan serta terencana oleh kita sebelumnya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di era 4.0 memiliki pengaruh baik dari hal-hal positif maupun negatif. Selain itu, tentu membuat perubahan serta bertambahnya tantangan dunia dari sebelum adanya perkembangan teknologi dan informasi.

Perkembangan teknologi serta keterbukaan informasi pada era 4.0 sangat pesat bahkan informasi yang sifatnya ekslusif dapat kita akses dengan cepat dan mudah, bahkan hampir sudah tidak ada lagi batas antar regional serta wilayah belahan bumi yang lain. Pesatnya perkembangan teknologi ini menjadi nilai lebih bagi kita dengan kecanggihan teknologi tersebut membuat

pekerjaan kita semakin mudah. Dahulu masih mengerjakan secara tradisional dan membutuhkan waktu yang lama, sekarang sudah dimudahkan dan dibantu dengan teknologi modern. Dengan kecanggihan teknologi dan informasi yang sudah berkembang saat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai disalahgunakan. Misalnya dalam membuka peluang dengan tujuan meningkatkan peluang serta memperluas relasi kemanusiaan bagi kita, apalagi kita manusia sebagai mahkluk sosial tentunya memiliki hubungan yang sangat erat dengan sikap sosial. Bahkan kita sebagai manusia membutuhkan manusia yang lain, misalnya saling menolong, gotong royong antar sesama manusia, mengingat melalui keterbukaan teknologi dan informasi di era 4.0 ini membuat isu-isu kemanusiaan marak serta hangat untuk diperbincangkan dan didiskusikan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi sudah seharusnya kita melakukan penyaringan budaya ataupun informasi yang masuk ke Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar sesuatu hal yang berpengaruh negatif atau tidak sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan Indonesia tidak masuk ke dalam negara Indonesia.

Di samping itu, kini marak bermunculan isu-isu kemanusiaan di Indonesia namun sayangnya tidak menjadi bahan renungan ataupun evaluasi, tetapi hanya sebagai penghangat daftar berita di berbagai media dan sebagai jalan pintas untuk menaikkan rating media, tak jarang pula isu-isu kemanusiaan ini dijadikan panggung oleh sebagian pihak untuk sebagai ajang menaikkan pamor dimata publik dengan alasan kepentingan tertentu. Hal tersebut sudah bukan menjadi hal yang tidak lazim melainkan hal lumrah terjadi. Meskipun demikian tidak seharusnya kita mencontoh hal tersebut denagn tujuan mengambil benefit dari isu-isu kemanusiaan.

Bagaimana peran masyarakat dalam meningkatkan semangat kemanusiaan di era 4.0? Bukankah hal tersebut sulit? Maka dari itu, perlu adanya peningkatan semangat kemanusiaan yang seharusya kita bangun bersama demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Mengingat kita sebagai bangsa yang besar serta multikultural memiliki keanekaragaman suku, ras, bahasa, agama, dan etnis. Hal tersebut, membuktikan  kehebatan, kekokohan, dan kekuatan yang dimiliki kita sebagai bangsa Indonesia yang mampu menyatu bersama dari berbagai perbedaan yang ada. Dalam mengimplementasikan semangat kemanusiaan tentunya tidak harus dengan berdonasi materi namun dapat melalui dukugan moril, saling menghormati perbedaan, saling respct satu sama lain, tidak mengujar kebenciaan, fitnah, sara, serta hoax. Hal tersebut merupakan semangat kemanusiaan yang sangat diperlukan, mengingat sekarang ini mulai lunturnya budaya dan adat istiadat. Maka, peran kita sebagai putra-putri bangsa sekaligus generasi penerus bangsa Indonesia sudah seharusnya untuk menjaga serta mengimplementasikan semangat kemanusiaan ini yang juga merupakan warisan leluhur bangsa dan nenek moyang bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN