Mohon tunggu...
Anisa Anggraini
Anisa Anggraini Mohon Tunggu... Tidak Ada

Masih Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Tengah Covid-19

21 April 2021   14:50 Diperbarui: 21 April 2021   15:10 56 0 0 Mohon Tunggu...

Detik-detik ini berbagai konflik yang  terjadi dinegara kita disebabkan karena efek pandemi Covid 19,saat ini 215 negara sedang berjuang untuk melewati masa pandemi ini termasuk Indonesia.Tercatat sejak 1 maret 2020 hingga saat ini .Karena Covid 19 sekarang ini angka kemiskinan diindonesia sangatlah tinggi dan akibat dari Covid 19 ini perekonomian di negara ini menurun drastis.Dengan begitu kita bisa menerapkan nilai-nilai pancasila dimasa pandemi ini.

1.Ketuhan Yang Maha Esa

Kita bisa mengaplikan dengan cara beribadah dirumah.Menjalankan kewajiban beribadah kepada tuhan yang maha esa merupakan kewajiban bagi setiap insan,namun bukan perihal dimana kita beribadah namun bagaimana hati dan niat kita sesuai dengan fatwa MUI.

2.Kemanusiaan yang adil dan berada

Dimasa pandemi ini banyak sekali masyarakat disekeliling kita yang membutuhka uluran tangan kebaikan kita.Oleh karena itu,gotong royong,bahu membahu,saling berbagi dapat membantu orang-orang disekitar kita untuk melewati masa krisis ekonomi mereka.

3.Persatuan Indonesia

Dengan bersatu kita pasti mampu.Oleh karena itu,bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh samakan langkah kita,satukan persepsi kita untuk mematuhi segala protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Setiap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah telah dipikirkan secara matang oleh karena itu,sebagai masyarakat yang baik mari kita bersama-sama mematuhi segalanya.

5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban,untuk itu bagaimana kita bisa menempatkan antara han dan kewajiban itu saat ini kewajiban setiap warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti berdiam diri dirumah dan menggunakan masker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x