Mohon tunggu...
Anisa Agustin
Anisa Agustin Mohon Tunggu... Blog Pribadi

Hi People!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

psak 23 - pendapatan (revenue) - tugas mata kuliah dr. prof. apollo (daito)

3 Mei 2020   22:52 Diperbarui: 3 Mei 2020   23:47 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
psak 23 - pendapatan (revenue) - tugas mata kuliah dr. prof. apollo (daito)
Dokumen Pribadi

PENDAPATAN

Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya, kebanyakan dari penjualan produk atau jasa kepada pelanggan.

Pendapatan yang dihasilkan oleh suatu badan usaha adalah suatau ukuran keberhasilan yang dapat digunakan oleh manajer, investor dan kreditor untuk mengevaluasi prospek perusahaan yang akan datang.

Pendapatan merupakan pos yang penting dari laporan keuangan dan mempunyai kegunaan yang bermacam -macam untuk berbagai tujuan seperti untuk pengambilan keputusan baik keputusan pembayaran deviden,keputusan investasi atau keputusan lainnya.

Sulistiyowati (2010:87) mengungkapkan bahwa pendapatan timbil dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan normal dan dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa (fees), bunga, di deviden, royalty dan sewa.

Dalam PSAK (2007:23.1) menyatakan bahwa pendapatan dapat timbul dari transaksi dan peristiwa ekonomi berikut ini:

1. Penjualan barang : Barang meliputi barang yang diproduksi perusahaan untuk dijual atau barang yang dibeli untuk dijual kembali, seperti barang dagangan yang dibeli pengecer atau tanah dan property lain yang dibeli untuk dijual kembali.

2. Penjualan jasa : Penjualan jasa biasanya menyangkut pelaksanaan tugas yang secara kontraktual telah disepakati untuk dilaksanakan selama satu periode waktu yang disepakati oleh perusahaan.

3. Pengguanaan aktiva perusahaan oleh pihak-pihak lain yang menghasilkan bunga, royalty dan deviden 

    a) Bunga adalah pembebanan untuk penggunaan kas atau setara kas atau jumlah terutang kepada perusahaan .

    b) Royalti adalah pembebanan untuk penggunaan aktivitas jangka panjang perusahaan,misalnya paten, merek dagang, hak cipta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN