Mohon tunggu...
Anisa Agustin
Anisa Agustin Mohon Tunggu... Blog Pribadi

Hi People!

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Klasifikasi dan Perolehan Aset | Tugas Mata Kuliah Prof. Dr. Apollo (Daito)

4 April 2020   03:40 Diperbarui: 4 April 2020   03:53 84 0 0 Mohon Tunggu...


Aset merupakan harta yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan, baik yang berwujud atau yang tidak berwujud yang dapat dinilai dengan satuan uang. Aset mempunyai nilai dan manfaat bagi setiap orang atau perusahaan dan digunakan oleh perusahaan demi kelancaran operasional perusahaan.

Perusahaan bisa menjadikan nilai aset sebagai tolak ukur keberhasilan keuangan perusahan tersebut, dan juga bisa menjadi perbandingan kesuksesan perusahaan tersebut dengan perusahaan lain.

Menurut IAI, aset adalah sumber daya yang dikuasi oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan mendatangkan manfaat ekonomis di masa depan bagi perusahaan.

Karakteristik Aset

  1. Aset mempunyai manfaat ekonomi yang pasti dan akan diperoleh dimasa yang akan datang,
  2. Aset tidak perlu dimiliki suatu perusahaan, tetapi aset tersebut dikuasai atau dikendalikan oleh perusahaan,
  3. Aset merupakan hasil dari transaksi yang terjadi di masa lalu, yang menjadikan suatu perusahaan memiliki hak dan kewajiban atas aset tersebut.

Aset Lancar

Aset lancar merupakan aset yang mempunyai siklus dan manfaat yang singkat, jangka waktu perputaran aset lancar biasanya tidak lebih dari 1 tahun. Aset lancar juga paling cepat dan mudah untuk dikonversi menjadi uang tunai.Contoh dari aset lancar yaitu kas, piutang usaha, persediaan, perlengkapan, investasi jangka pendek, dan lain sebagainya.

Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar merupakan aset yang mempunyai siklus dan masa manfaat yang lebih dari 1 (satu) tahun atau lebih dari 1 (satu) periode akuntansi. Aset tidak lancar ini dimiliki dengan tujuan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.  Biasanya aset tidak lancar ini memiliki nilai yang cukup material. Aset tidak lancar terbagi menjadi 3, yaitu:

Aset tetap

Aset tetap yaitu aset yang memiliki bentuk atau wujud secara fisik. Aset tetap digunakan dan dimanfaatkan dalam kegiatan operasional perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN