Mohon tunggu...
Anissa Bahri
Anissa Bahri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

pegawai bank insyaallah!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apakah Agama Dapat Menjadi Dasar Ilmu Ekonomi dalam Ilmu Pengetahuan?

5 Oktober 2022   16:44 Diperbarui: 5 Oktober 2022   16:46 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ilmu pengetahuan (sains) di bangun atas  dasar agama (kepercayaan). Ruang lingkup ke-2 nya saling melengkapi serta berkaitan erat. Di hubungan dialogis antara keduanya, kepercayaan  mampu mendukung segala aktivitas ilmiah, kebalikannya sains mampu memperbaiki pemahaman religius demi kesejahteraan umat manusia. 

Hal ini sangat mungkin saat agama di definisikan menjadi keyakinan dan  hukum yang dapat membimbing tindakan umat manusia terhadap tuhan, orang lain serta terhadap diri sendiri. 

Sedangkan ekonomi di definisikan sebagai ilmu perihal perilaku manusia pada kaitannya menggunakan penggunaan sumber daya ekonomi untuk membuat barang atau jasa dan  mendistribusikan buat di konsumsi. 

Menggunakan definisi tadi dapat di simpulkan bahwa kepercayaan  bisa di cakup oleh ilmu ekonomi. sebagai contoh, dalam agama islam Allah telah memberikan pilihan serta pedoman kepada manusia tentang jalan hayati yang di laluinya. Dengan ilmu pengetahuan, manusia akan lebih bijaksana buat menentukan pilihan-pilihan hayati. 

Nabi Muhammad SAW (Salallahu 'Alaihi Wassalam) berkata bahwa "ilmu tanpa iman artinya bencana","iman tanpa ilmu gelap". Jadi, ilmu pengetahuan serta kepercayaan  juga saling melengkapi dalam menciptakan kehidupan yg baik bagi manusia dan  semua kehidupan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun