Mohon tunggu...
Anisa Pebriani
Anisa Pebriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kekalahan dan kemenangan itu hal biasa. Kita sama sama mendapat keuntungan dari dua hal tersebut.

Berbagi ide, wawasan dan kreativitas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kualitas Sistem Pendidikan Indonesia di Era Pandemi

25 Juli 2021   12:09 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:32 40 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kualitas Sistem Pendidikan Indonesia di Era Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita tahu, pandemic Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini berdampak besar pada aktifitas masyarakat, terutama proses pembelajaran. Sudah sejak maret 2020 kegiatan belajar mengajar di sekolah di berhentikan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah kegiatan belajar mengajar menjadi pembelajaran daring (online learning).

Dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh ini, kemungkinan akan timbul beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Tentunya peserta didik maupun tenaga pendidik dari semua kalangan diharuskan memiliki akses jaringan internet yang baik. Namun, banyak daerah-daerah yang memiliki akses internet kurang baik atau tidak lancar sehingga menjadi salah satu kendala berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Selain itu, tidak sedikit peserta didik yang tidak mendapatkan hasil pembelajaran secara maksimal. Baik dari materi pelajaran maupun penugasan-penugasan yang diberikan oleh tenaga pendidik selama pandemi Covid-19 ini berlangsung. 

Mari kita bahas apa keunggulan serta kelemahan dari proses pembelajaran jarak jauh ( Daring ).

Pembelajaran online (daring) memang unggul dalam feasibility waktu dan tempat , bisa dari mana saja dan kapan saja.
Dengan sistem pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik tidak diharuskan atau diwajibkan untuk datang ke sekolah maupun kampus untuk melaksanakan pembelajaran. Banyak sarana yang pada akhirnya diterapkan oleh tenaga pendidik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh. Sarana pembelajaran jarak jauh tersebut tidak dapat dihindari dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan sistem pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh, di mana peserta didik banyak melakukan kegiatan di rumah sehingga dapat mempermudah para orang tua untuk memonitoring anak-anaknya.

Selain itu, dari sisi kreativitas baik dari tenaga pendidik maupun peserta didik, dalam sistem pembelajaran jarak jauh dituntut untuk berlaku kreatif. Sebagai contoh tidak sedikit tenaga pendidik membuat materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk video-video pembelajaran. Selain itu, tidak jarang pula pesera didik yang mendapatkan penugasan pembuatan video pembelajaran yang menarik.

Pada dasarnya pandemi Covid-19 memberikan dampak-dampak yang dapat melemahkan aktivitas manusia pada umumnya. Tidak dapat dipungkiri pada awalnya banyak masyarakat yang beranggapan bahwa masa pandemi Covid-19 adalah masa yang menyulitkan umat manusia. Tanpa kita sadari banyak sisi-sisi positif yang dapat kita petik dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia hingga hari ini.

Lalu bagaimana dengan kelemahan dari sistem baru pembelajaran jarak jauh yang dilakukan pemerintah?

Tak hanya untuk SD, SMP, SMA, pembelajaran daring juga dilakukan oleh tingkatan perguruan tinggi. Perubahan cara belajar yang sangat drastis tanpa diiringi persiapan yang memadai berakibat pada metode pembelajaran yang dilakukan tenaga pendidik. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk memahami materi, seringkali tidak memahami materi yang diberikan atau yang guru sampaikan.

Peserta didik yang biasanya beraktifitas di sekolah kini berubah menjadi di rumah. Orang tua dan wali murid menjadi memiliki tambahan pekerjaan dengan anak-anak belajar dirumah, terpaksa mereka harus bekerja dan mendampingi belajar. Guru yang hanya memberikan tugas melalui aplikasi seperti whatsapp grup juga tidak sedikit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN