Mohon tunggu...
Anisa Khoirun Nasiroh
Anisa Khoirun Nasiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anisa Khoirun Nasiroh_Universitas Siber Asia

the art of thinking with logic

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengasah Kemampuan Berpikir di Tengah Pandemi Covid19

25 Juli 2021   20:57 Diperbarui: 25 Juli 2021   21:15 19 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengasah Kemampuan Berpikir di Tengah Pandemi Covid19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di masa pandemi COVID 19 ini kita dipaksa untuk di rumah saja. Hanya dengan dirumah saja tentu saja membuat kita berfikir apa hal dapat menunjung kehidupan kita di masa pandemi ini? Maka hadirlah sebuah tren terbaru yang serba digital. Dimana bekerja bisa dari rumah, sekolah bisa dari rumah, apapun bisa dilakukan walaupun hanya dari rumah lewat teknologi digital.

Namun, tidak semudah itu untuk beradaptasi dengan teknologi canggih masa kini. Kita harus memutar otak agar semua berjalan dengan semestinya. Terkadang terlalu lama melihat layar monitor membuat rasa lelah menyerang kapan saja. Bahkan jika kita tidak bisa mengimbangi antara pekerjaan dan waktu istirahat bisa membuat kita malas untuk berhadapan lagi dengan layar monitor. Jika demikian, maka pekerjaan, tugas sekolah akan terbengkalai atau bahkan tidak dapat diselesaikan dengan baik. Dengan begitu, produktivitas diri menurun. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Di masa modern ini, perlu adanya peningkatan berfikir yang lebih praktis untuk menghindari ataupun menangguli masalah yang umum terjadi. Jangan sampai kita lebih tertinggal jauh dari negara – negara maju terkait kemampuan kita dalam menyelesaikan suatu masalah global.

Dilansir dari laman pahamify.com dalam hal kegiatan belajar dari rumah agar lebih menyenangkan dan tidak terasa memberatkan dengan membuat suatu kelompok belajar, menggunakan aplikasi belajar yang user-friendly, mengganti suasana rumah, melakukan olahraga ringan setelah belajar dan meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Dengan begitu rasa semangat belajar akan semakin bertambah dan generasi penerus bangsa tidak akan tertinggal dalam hal pendidikan.

Tidak hanya itu, sekarang banyak sekali kegiatan – kegiatan online yang menambah wawasan kita untuk mengembangkan skill dan kemampuan berfikir kita. Walaupun hanya online, kegiatan ini dikemas dengan sangat menyenangkan yang membuat partisipasinya ikut terbawa hingga selesai kegiatan tersebut.

Tak kalah dari itu, para pekerja yang terkena PHK dari perusahaannya. Mereka mulai membuka usaha secara online. Seperti menawarkan jasa atau keahlian yang ia miliki ataupun mencoba menjual suatu produk secara online melalui media sosial yang mereka miliki. Memudahkan orang – orang yang ingin mencari suatu produk ataupun jasa tanpa harus keluar rumah.

Pandemi ini membuat kita untuk lebih mengasah kita dalam mencari inovasi apa yang cocok dan solutif untuk permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga kita tidak tenggelam dalam keterbatasan ini. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN