Mohon tunggu...
Anisa Ramadhani S
Anisa Ramadhani S Mohon Tunggu... Mahasiswa - mencoba memberikan topik yang easyreading untuk mengisi waktu luang

berbagi informasi mengasikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Online Mengakibatkan Keterbatasan Kegiatan Praktekum

26 Juni 2021   00:20 Diperbarui: 26 Juni 2021   00:25 113 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tangerang -- Saat ini sudah sampai pada pertengahan tahun 2021, dan perkuliahan masih dilakukan secara online. Walaupun banyak metode pembelajaran yang diberikan oleh setiap Universitas, agar mahasiswanya mendapatkan pengetahuan meskipun hanya belajar di rumah. Tetapi masih banyak kendala yang dirasakan oleh mahasiswa, walau sudah diberikan akses kelas online dari Universitas. Mahasiswa masih merasa belajar melalui kelas online tidak efektif untuk mereka, apa lagi yang memiliki banyak peraktek seperti pada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

"Bikin sulit si, karena secara tidak langsung gue praktek harus memahami secara sendiri melalui materi yang diberikan dan dijelaskan oleh aslab. Tidak bisa mempraktekan secara langsung atau tidak bisa memegang alat nya kecuali kamera atau editing di laptop yang kita sudah punya". Ujar Salva Denisa Putri mahasiswa di Universitas Gunadarma Karawaci, jurusan Ilmu Komunikasi. Selasa (22/06/2021).

Terusnya Salva merasa kuliah offline lebih efektif, karena pelajaran tidak memiliki kendala apapun, dan juga Salva dapat belajar secara langsung dengan dosen dan teman-teman, sehingga tidak merasa bosan. Selain itu kendala yang Salva rasakan mengenai penyampaian materi dosen yang kurang efektif, karena sinyal yang buruk dan suka terputus, hal ini karena pembelajaran yang ia lakukan kebanyak mengunakan media Video Call seperti Zoom dan GMeet, media lain yang digunakan adalah web kampus yang bernama vclass.

Meskipun begitu menurut Salva kuliah secara online ini memiliki sisi positif, sebagai upayah untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

"Ada, karena membantu mengurangi penyebaran covid" tutur Salva.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan