Mohon tunggu...
anisa
anisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya suka uang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Opini Analisis Perekalisa Perekonomian Indonesia Pasca Covid-19

9 Desember 2022   17:10 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:28 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Opini Analisa Perekonomian Indonesia Pasca Covid-19

Disusun Oleh :   Anisa

                                  

Perekonomian Indonesia telah mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi COVID-19. Sejak awal tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah melambat, terutama karena penurunan permintaan global dan penurunan harga komoditas. Namun, meskipun perekonomian Indonesia masih terpengaruh oleh pandemi, beberapa sektor telah mulai bangkit kembali.

Salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi adalah sektor pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan utama Indonesia, tetapi sejak pandemi, banyak wisatawan yang membatalkan rencana perjalanan mereka ke Indonesia. Hal ini telah menyebabkan penurunan jumlah wisatawan dan pendapatan dari sektor pariwisata.

Sektor manufaktur juga telah mengalami penurunan karena pandemi. Sebagian besar perusahaan manufaktur tergantung pada pasokan bahan baku dari luar negeri, dan pandemi telah menyebabkan keterlambatan dan kesulitan dalam pengiriman bahan baku tersebut. Hal ini telah menyebabkan penurunan produksi dan pendapatan di sektor manufaktur.

Sektor keuangan juga telah terpengaruh oleh pandemi. Bank-bank di Indonesia telah mengalami penurunan jumlah nasabah dan penurunan pendapatan, terutama karena adanya penurunan permintaan pinjaman dari perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan akibat pandemi.

Meskipun demikian, beberapa sektor telah mulai bangkit kembali. Sektor pertanian, misalnya, telah mengalami pertumbuhan yang cukup stabil selama pandemi. Hal ini karena permintaan akan bahan makanan yang terus meningkat selama pandemi, terutama dari negara-negara di luar Indonesia. Sektor pertanian juga tidak terlalu tergantung pada pasokan bahan baku dari luar negeri, sehingga pandemi tidak terlalu berpengaruh pada sektor ini.

Sektor jasa juga telah mulai bangkit kembali. Meskipun sejumlah perusahaan jasa telah mengalami penurunan pendapatan dan bahkan bangkrut selama pandemi, sektor jasa secara keseluruhan telah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Hal ini karena banyak perusahaan jasa yang telah beradaptasi dengan situasi pandemi dengan menawarkan layanan mereka secara daring.

Untuk membantu Perekonomian Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan yang cukup besar akibat pandemi Covid-19. Sejak awal tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami penurunan hingga mencapai angka -5,32% pada kuartal II 2020.

Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi adalah penurunan permintaan domestik. Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perusahaan mengalami penurunan produksi, terutama di sektor pariwisata, perdagangan, dan jasa. Hal ini tentu saja berdampak pada pengangguran, karena banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun