Mohon tunggu...
Anindia Damaris
Anindia Damaris Mohon Tunggu... Menjadikan menulis sebagai sarana untuk mengembangkan dan membuka wawasan

Apapun yang kita impikan jika tidak disertai dengan adanya tindakan semua hanya akan menjadi mimpi semata.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Pembelajaran Daring Merupakan Pembelajaran yang Efektif

11 November 2020   07:32 Diperbarui: 11 November 2020   07:44 253 3 0 Mohon Tunggu...

Pembelajaran efektif merupakan suatu tujuan yang wajib dicapai dalam pembelajarn, untuk menerapkan adanya suatu pembelajaran efektif, seorang guru dan siswa harus memahami apa makna sebenarnya terkait pembelajaran efektif. 

Apakah pembelajaran efektif hanya dapat dinilai baik ketika hasil dari pembelajaran tersebut juga baik? sepertinya tidak. Pembelajaran efektif merupakan suatu pembelajaran yang diterapkan dan dilakukan melalui sebuah proses yang baik, media yang baik, dan sarana yang mendukung. 

Supaya guru maupun siswa dapat memaknai pembelajaran tersebut dan mendapatkan sesuatu pengalaman baru pada pembelajaran tersebut. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif jika dalam pembelajaran tersebut terdapat interaksi yang baik antara siswa dan guru, sehingga menciptakan suatu pengalaman belajar yang cukup baik yang dapat digunakan siswa untuk bekal masa depan.

Keresahan Pembelajaran Daring

Sebagai seorang pelajar, tidak jauh dengan kata pembelajaran, yang mana seorang pelajar harus melakukan kegiatan pembelajaran ketika berada di sekolah untuk mendapatkan ilmu yang diberikan oleh guru. 

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi (siswa dan guru), material (buku, papan tulis, kapur dan alat belajar), fasilitas (ruang kelas, audio visual) dan proses yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran (Oemar Hamalik, 2002 : 56). 

Dari pemaparan tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan menggunakan berbagai sarana untuk mencapai suatu tujuan dalam pembelajaran tersebut.  

Sehingga dengan adanya pembelajaran ini, baik siswa maupun guru bisa mencapai tujuan mereka masing-masing. Guru dapat mencapai tujuannya untuk menyampaikan materi kepada siswa dan siswa juga mencapai tujuannya untuk mendapatkan materi yang dipaparkan oleh guru.

"Pembelajaran yang baik ya belajarnya di kelas supaya terjadi interaksi langsung antara guru dan siswa" ujaran tersebut sering sekali terdengar saat ini. Karena dengan adanya pandemi COVID-19 ini, cukup menjadikan suatu sistem pembelajaran yang sudah biasa dilakukan di Indonesia menjadi berubah. 

Maka tidak jarang orang yang merasa aneh atau kurang siap dengan adanya pembelajaran daring, seperti kutipan di atas. Perubahan dalam proses pembelajaran tersebut dapat dikatakan sangat pesat atau sangat berbeda dari yang sebelumnya dilakukan. 

Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka atau bertemu langsung di dalam kelas, kini hanya dilakukan melalui aplikasi belajar yang disediakan untuk sarana pembelajaran. Jadi guru dan siswa hanya berjumpa secara virtual dan tidak bertemu langsung untuk melakukan pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN