Mohon tunggu...
Anindhita
Anindhita Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Hukum

LPM Gema Keadilan FH Undip

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Undip Lakukan Kampanye New Normal dan BBM Saat Pandemi Covid-19

14 Agustus 2020   12:12 Diperbarui: 14 Agustus 2020   12:57 8 0 0 Mohon Tunggu...

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Diponegoro Tim 2 Periode 2020 ini dilaksanakan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kegiatan KKN kali ini dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa dan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa saat ini. Hal ini dikarenakan adanya pandemic corona virus-disease ( Covid-19 ) yang sampai saat ini belum usai. Kegiatan ini dilaksanakan selama 45 hari terhitung mulai dari 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020. 

Pelaksanaan kegiatan KKN kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan berkelanjutan (SDGs)". 

Program Kerja yang disusun diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat tempat tinggal mahasiswa KKN. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN UNDIP 2020 Anindhita Putri melakukan kegiatan KKN di Desa Karangkemiri Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap.

Di tengah Pandemi Covid-19 yang telah dirasakan dampaknya oleh seluruh masyarakat Indonesia, Pemerintah saat ini telah membuat kebijakan normal baru atau sering dikenal istilah New Normal . New Normal merupakan salah satu adaptasi kehidupan baru karna adanya pandemi Covid-19 ini. Masyarakat diminta untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan dalam keseharian demi mencegah penularan Covid-19. Penerapan Protokol kesehatan tersebut berupa pemakaian masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, tidak bersentuhan, dll. Namun dalam realitanya masyarakat masih enggan untuk mematuhi anjuran pemerintah tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa KKN UNDIP 2020  ini membuat program kerja berupa sosialisasi mengenai New Normal kepada masyarakat. Kegiatan ini berupa edukasi kepada masyarakat tentang apa itu new normal serta ajakan untuk selalu memakai masker dan rajin cuci tangan. Sosialisasi tersebut dilakukan melalui beberapa metode, salah satunya yaitu dengan poster-poster yang ditempel di tempat ibadah. Penempelan poster di tempat ibadah ini dikarenakan tempat ibadah merupakan sarana umum yang paling strategis dan sering di kunjungi oleh masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penularan covid-19 dilingkungan tempat ibadah.

Selain itu mahasiswa undip juga mengedukasi mengenai pemakaian masker dan cuci tangan kepada anak-anak TK Diponegoro. Hal ini bertujuan agar anak-anak mengetahui sejak dini mengapa harus selalu memakai masker dalam keseharian dan mengerti bagaimana tata cara cuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari covid-19.

Program kerja lain yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP 2020 ini adalah program Belajar Bersama Masyarakat yang disingkat BBM. Pada program ini masyarakat belajar mengenai hukum terutama hal perjanjian. Pembelajaran perjanjian ini mengingat di pedesaan masih banyak masyarakat yang belum mengerti bagaimana pembuatan perjanjian secara tertulis atau sering dikenal istilah kontrak. Pelaksanaan BBM ini dilakukan dengan door to door  mengingat sedang adanya pandemic sehingga menghindari sekali kerumunan. Target dari program BBM ini awalnya adalah masyarakat umum desa Karangkemiri, namun karena terkendala pandemic ini sehingga target sasarannya kepada masyarakat yang sekiranya sering membuat perjanjian misal kepada pengusaha UMKM.

Meskipun demikian, respon apik dari masyarakat dan pemerintah desa tetap diberikan kepada program-program KKN ini. Diharapkan juga untuk program BBM dapat berjalan secara berkenlanjutan dengan materi-materi yang baru terlepas selesainya kegiatan KKN.

"Kegiatan KKN saat ini cukup unik mungkin karena dilakukan saat ada corona, tapi tetap saja programnya cukup untuk mengedukasi masyarakat." -- Nina Sofiana, perangkat desa Karangkemiri.

Penulis : Anindhita Putri

DPL : Zaki Ainul Fadli

VIDEO PILIHAN