Mohon tunggu...
Junaedi
Junaedi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Orang yang fakir ilmu, Never give up

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penyuluhan Pembuatan Hand Sanitizer Bahan Alami

20 Agustus 2020   16:38 Diperbarui: 20 Agustus 2020   16:26 23 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyuluhan Pembuatan Hand Sanitizer Bahan Alami
Mahasiswa Universitas Djuanda melakukan penyuluhan kepada warga Kp. Kramat, Tanah Baru, Bogor Utara


Sekelompok mahasiswa Universitas DJUANDA Bogor melakukan penyuluhan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami, di kp Kramat RT 06 RW 01 kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara (13/8).

"sekarangkan sudah mulai NEW NORMAL, nah masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer setiap keluar rumah, nah karena harga hand sanitizer lumayan jadi kita punya gagasan untuk melakukan penyuluah hand sanitaizer dengan bahan alami" ucap Neneng jumaida febriani (salah satu kelompok mahasiswa tersebut).

Mereka memperkenalkan bahan dasar, serta cara pembuatan hand sanitizer dari bahan alami secara bertahap. "Bahan dasar yang kami gunakan yaitu daun sirih, jeruk nipis dan air" penjelasan Deti lestari (salah satu dari kelompok mahasiswa tersebut). "sedangkan alat yang kami gunakan pun cukup sederhana yaitu kompor, 2 buah panci dengan ukuran berbeda, pisau, saringan dan botol spray" tambahnya lagi.

Mahasiswa universitas Djuanda sedang memalukan proses pembuatan hand sanitizer
Mahasiswa universitas Djuanda sedang memalukan proses pembuatan hand sanitizer
Untuk membuat hand sanitizer dari bahan alami waktu yang di perlukan kurang lebih sekitar 2 jam.

Masyarakat setempat sangat antusias saat memperhatikan penyuluhan pembuatan hand sanitizer, karena bahan yang di gunakan tidak menguras dompet, ramah lingkungan dan mudah di cari di sekitar rumah warga.

Jika menilik manfaat dari daun sirih dan jeruk nipis banyak manfaatnya dan merupakan salah satu bahan antiseptik yang dapat membunuh kuman.

Harapan mereka dengan adanya penyuluhan ini, semoga masyarakat dapat menambah wawasan dan memperaktikan di rumahnya masing masing agar mempunyai hand sanitizer untuk keperluan masing masing tanpa mengeluarkan uang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x