Mohon tunggu...
Anilawati Nurwakhidin
Anilawati Nurwakhidin Mohon Tunggu...

#1minggu1cerita di berbagiceritaceritaseru.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Serunya Menjadi Mafia Event di Bandung :)

18 Desember 2011   09:01 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:06 0 1 7 Mohon Tunggu...

Sabtu dan minggu dalam beberapa bulan ini, menjadi hari-hari yang seru!

Kenapa? Pada dasarnya saya seneeeeng banget berinteraksi sama orang dan juga menambah pengalaman dan juga studi banding.

Salah satu cara untuk memfasilitasi hobi saya itu adalah dengan menjadi mafia event. Apa sih yang dimaksud dengan mafia event tersebut?

Ini definisi ala saya secara pribadi yaaa…orang atau sekelompok orang yang senang ikut macem-macem event. Bandung ini belakangan jadi surga buat para mafia event.

Saya kebanyakan mengikuti event yang bertema lingkungan. Tentunya karena bidang minat saya ada di situ. Ada macam-macam tipe event lingkungan yang saya temui. Mulai dari acara yang serius, dalam artian pesertanya serius, pembicaranya serius dan sampai didatangkan dari luar negeri (itu yang akan saya ikuti hari senin besok) sampai event yang tergeje sekalipun. Yang publikasinya heboh, gak taunya acaranya Cuma jreng jreng jreng music dan penontonnya hanya panitia saja.

Termasuk, kita, para mafia event ini, karena memang latar belakangnya semua di bidang lingkungan, sampai kepikiran untuk membuat tim reviewer zero waste event. Teman-teman yang gerak di lingkungan, tentu sudah tidak aneh dengan istilah ini. Tapi untuk yang baru denger, akan saya certain sedikit.

Zero Waste. Kalau dari katanya sendiri berarti nol sampah. Event? Ya kegiatan. Kalau digabung menjadi event yang zero waste. Kami berpikiran bahwa event lingkungan, idealnya paling tidak menjadi event yang tidak menghasilkan sampah. Tapi kenyataannya? Ya gitu lah,,,masih jauh dari ideal. Sehingga salah satu ide gilanya adalah membuat tim review tersebut.

Salah satu keuntungan lain dengan menjadi mafia event adalah bertambah pengalaman dan teman. Namun kalau di event-event lingkungan, orangnya masih itu itu juga. Sehingga yang terjadi biasanya mempererat persatuan dan kesatuan heu2. Tapi itu merupakan hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kerjaan saya di salah satu lembaga yang bergerak di bidang lingkungan khususnya gaya hidup organis (ramah lingkungan).

Hari ini saya mendapat pengalaman seru di event non lingkungan. Jadi ada acara dari kompasiana, salah satu blog keroyokan yang ada di Indonesia. Saat kegiatan ini dilangsungkan di bandung, saya akhirnya mengikutinya. Ternyata orangnya tidak ada yang saya kenal.Wah, berarti peluang emas nih untuk bisa berkenalan dengan orang baru dan juga cari lingkaran baru. Hari ini saya berkenalan dengan 2 orang yang kerja di dunia marketing. Seru juga ngobrol dengan mereka di saat-saat istirahat. Mendatangkan inspirasi-inspirasi baru. Dan ada 1 ide yang langsung kepikiran yaitu….perlu adanya acara akrabisasi untuk para peserta sehingga, fungsi kopdar ini bisa lebih maksimal J