Mohon tunggu...
Anik Yusmia
Anik Yusmia Mohon Tunggu... -

Manusia yang masih mewaraskan diri// Saya berusaha untuk menjadi content creator bagi pribadi saya. Mungkin nampak aneh, tapi tak mengapa. Karena menjadi pribadi yang merdeka itu sulit, bung dan nona!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ketika Iqbaal Menjadi Minke, Ingat Bahwa Iqbaal Bukanlah Dilanmu

27 Mei 2018   03:27 Diperbarui: 27 Mei 2018   20:06 2828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iqbaal Ramadhan, Ine Febriyanti, Hanung Bramantyo dan Mawar de Jongh saat press conference film Bumi Manusia| Sumber: Instagram Hanung Bramantyo

Sampai saat ini para netizen Indonesia masih digegerkan oleh kabar yang datang dari personil boyband CJR (dulu bernama Coboy Junior) yang bernama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan atau biasa disapa Iqbaal. Iqbaal dikabarkan akan memerankan tokoh sentral dalam film yang diadaptasi dari novel yang masyur di Indonesia yaitu Bumi Manusia. 

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama tersebut merupakan maha karya dari seorang putra kebanggaan Indonesia, tak lain dan tak bukan ialah Pramoedya Ananta Toer. Bahkan pihak produser pun telah mendeklarasikan siapa saja yang akan berperan di film Bumi Manusia.

Sumber: Instagram Iqbaal @iqbaale
Sumber: Instagram Iqbaal @iqbaale
Saya sebagai penggemar berat Pram merasa bahwa novelnya terlalu indah untuk difilmkan. Yang saya takutkan imajinasi para penggemar novel karya Pram akan rusak dengan visualisasi dari film.

Saya memperhatikan ada begitu banyak respon yang datang dari para netizen baik di Instagram maupun Youtube. Banyak yang melayangkan dukungannya terhadap Iqbaal untuk memerankan Minke, namun tak sedikit pula yang menolak dengan dipilihnya Iqbaal sebagai Minke.

Dengan sudut pandang yang berbeda, saya sebagai pribadi akan menyatakan pendapat bahwa saya setuju dengan didapuknya Iqbaal untuk berperan sebagai Minke. Saya rasa ini adalah upaya untuk menyesuaikan umur Minke di Bumi Manusia yang berusia sekitar 20 tahunan. 

Seandainya yang dipilih adalah Reza Rahadian, pasti kurang pas karena terlalu tua. Hitung saja berapa umur Reza Rahadian saat ini. Jadi, jika Iqbaal yang memerankan tokoh Minke di Bumi Manusia masih tepat.

Jika pertimbangannya hanya umur, sepertinya kurang mengena dan kurang adil bagi Iqbaal. Entah kenapa saya yakin dengan sosok Iqbaal ini. Saya merasa bahwa Iqbaal adalah juga manusia yang adil sejak dalam pikiran. Dengan melihat profilnya, dia adalah sosok kids zaman now yang berbeda. 

Bisa jadi ia adalah Minke dizamannya, Minke di zaman millenial. Ia mempunyai pemikiran yang berbeda jika dibandingkan dengan anak muda seusianya, yang mungkin saja terlalu banyak galau karena pacar dan cinta. 

Dari postingannya di instagram, ia memiliki pandangan tentang pendidikan yang menurut saya sangat idealis bagi anak seumurannya di zaman sekarang. Intinya ia mengatakan dalam salah atu postingannya:

"Pendidikan itu sangatlah penting. Mungkin materi pelajaran yang didapatkan belum tentu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi yang penting adalah prosesnya selama sekolah. Bersosialisasi, beroganisasi dan membiasakan diri untuk disiplin dalam berbagai hal misalnya mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Itulah yang akan digunakan sebagai bekal untuk kehidupan." 

Kira-kira seperti itulah kesimpulan dari pemikiran Iqbaal. Dan saya sangat sepakat dengan pemikirannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun