Mohon tunggu...
Anis Hidayatie
Anis Hidayatie Mohon Tunggu... Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Plasma Konvaselrn, Dari yang Sembuh untuk yang Sakit

8 April 2021   04:53 Diperbarui: 8 April 2021   04:54 110 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Plasma Konvaselrn, Dari yang Sembuh untuk yang Sakit
Puyadi, Wk Ketua PDDI Kota Malang 


PagiPagi ini, saya dihubungi Mas Riza Ardiyansjah, Sekretaris 1 pengurus PDDI, Persatuan Donor Darah Indonesia kota Malang. Dia mengabarkan akan ada kegiatan Screening Donor Plasma Konvaselen dan Donor Darah Kamis, pagi ini 8/4/2021 di Mall City Expo, Jl Dieng.Mengenal Riza ketika dia datang ke tetangga Desa, Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang 21 Maret 2021 lalu saat kunjungan ketua PDDI Pusat Adang Daradjatun komunikasi terus berlanjut hingga sekarang.

Dia getol melakukan gerakan kampanye donor darah, darinya pula saya tahu bagaimana kegiatan ini telah terorganisir dengan baik di kota Malang. Terkini dia memberitahu saya bahwa telah terpilih menjadi ketua PDDI kota Malang yang baru yakni Sutiaji, sang Wali Kota Malang

Memberitakan kegiatan donor darah di manapun berada merupakan passion lain dari aktifitas menulis saya. Merasa ikut berbuat meski tidak aktif di pengurusan. Donor darah itu perlu diketahui orang banyak, untuk kemanusiaan tentu saja. Apalagi saat situasi pandemi masih seperti sekarang ini. Banyak saudara kita yang perlu darah.

Mereka yang sedang kritis di rumah sakit butuh transfusi, darah harus segera diberikan. Untuk situasi normal mungkin tidak terlalu masalah, namun untuk masa pandemi seperti sekarang ini, tentu ini sebuah problema yang harus dipecahkan.

Bukan hanya ketersediaan darah yang ada indikasi berkurang, mengingat pendonor stay at home namun juga pada kualitas darah yang didonorkan.

Pandemi mengakibatkan kondisi dimana banyak orang terinfeksi virus Covid-19. Tidak mungkin menerima donor dari mereka yang terinveksi. Screening ketat betul-betul dilakukan, jangan sampai orang terinveksi ikut lolos sebagai pendonor.

Itulah yang menyebabkan quality control dengan segala prosesnya untuk memastikan darah yang didonorkan harus benar-benar sehat terus dilakukan.

Halnya dengan mereka yang terinveksi namun lolos dari Covid -19 merupakan pendonor potensial. Untuk membantu proses penyembuhan mereka yang terindikasi dan membutuhkan darah.

Jalannya yakni donor plasma konvalesen. Plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona.

Tentang hal ini dr Tonang Dwi Ardyanto lewat Kompas.com, 5 Januari 2021, Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS, mengungkapkan, plasma konvalesen sudah dikenal sejak lama sebagai sebuah metode terapi.

Menurutnya, terapi ini berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi akan membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. Kemudian, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x