Mohon tunggu...
Anis Contess
Anis Contess Mohon Tunggu... Guru - Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jangan Jadi Guru, Jadilah Pekerja Bangunan

12 Desember 2019   05:07 Diperbarui: 12 Desember 2019   07:01 1397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anis Hidayatie, doc. Pri

Begitu satu kalimat yang terus diulang-ulang oleh Ketua Jurusan anak saya di sebuah Perguruan Tinggi Negeri ketika saya mengajukan surat pemohonan penyesuaian UKT. Dia berkata begitu setelah  saya menyodorkan  surat permohonan ke hadapannya. Memohon keringanan biaya.  

"Kenapa minta keringanan, dulu kan ketika mau kuliah sudah mengetahui  biaya yang akan dikeluarkan,  mestinya  ya harus  disiapkan. " Tuturnya menyambut  kedatangan  saya di meja ruangan.

Tetiba menggenang air di dua bola mata saya,  tercekat.  Mengingat  kembali bagaimana anak saya mau masuk kuliah dahulu.  Saat bapaknya masih ada. Dia dulu ikut menyetujui pendaftaran anaknya di perguruan tinggi ini. Waktu  itu kami setuju dengan  UKT,  Uang Kuliah Tunggal,  semacam SPP per semester yang ditetapkan pihak kampus. 

Susah payah kami mencarikan biaya,  cukup mahal untuk pasangan orang tua dengan profesi sebagai guru swasta seperti kami. Biaya awal kuliah sangatlah mahal, hutang menjadi pilihan akhir.  Bersyukur ada yang bersedia memberi pinjaman. Hingga pada saat deadline pembayaran, biaya kuliah awal itu bisa terpenuhi.  

Kegiatan sulung saya kuliah berjalan seperti  biasa. Dengan keterbatasan kemampuan kami membiayai, dia mengikuti perkuliahan. Biaya hidup, biaya kuliah demikian tingginya,  hingga kadang kami sering terengah mengirim sejumlah uang yang diminta.  Mengetahui demikian, sulung saya mulai berpikir mencari pekerjaan part time. Menjadi pelayan Kafe,  itu yang dia dapatkan pada mulanya.

Menangis sedih begitu mengetahui dia bekerja.  Siang kuliah,  malam bekerja di Kafe hingga dini hari. Sesuatu yang dahulu tidak pernah saya alami. Ya, dahulu untuk  kuliah,  ayah dan ibu saya memberikan apapun,  berapapun yang saya ajukan. Mereka hanya ingin saya berprestasi, tidak memikirkan yang lain,  apalagi biaya kuliah.

Berbalik dengan kondisi anak saya saat ini. Jangankan untuk living cost, untuk biaya kuliah resmi di kampusnya saja saya sering mencarikan terlebih dahulu. Begitupun dia masih bisa menunjukkan indeks Prestasi lumayan,  3.8. Lebih bagus sulung saya,  dibanding milik ibunya ketika kuliah dahulu, yang mentok di 3.6. Ada beda memang,  saya keranjingan kegiatan organisasi seperti  HMJ, Senat, penerbitan serta beberapa  kegiatan lain yang lumayan menyita waktu,  sementara dia full,  fokus kuliah dengan bekerja.

Dijalani hari-hari kuliahnya seperti itu setiap hari.  Tanpa keluhan, untuk biaya hidupnya  sudah tak lagi ada hambatan.  Kami hanya mencarikan biaya kost dan UKT saja serta beberapa hal lain yang dia katakan.  Bukan untuk kehidupan  sehari hari.

Kondisi  ini berjalan lancar sampai musibah itu datang,  ayahnya dipanggil ilahi Rabbi.  Satu penopang kehidupan saya hilang, duka tentu saja,  hampir saya tak igin apa apa.  Sampai kemudian kebutuhan membiayai dua buah hati kami menyadarkan saya untuk bangkit.  Saya tetap bekerja sebagai guru swasta,  dengan penghasilan kurang dari 1 juta rupiah, juga berjualan makanan dan minuman keliling, titipan tetangga.

Alhamdulillah,  ekonomi saya tercukupi . Untuk  makan sehari - hari dengan satu ibu mertua suami di rumah.  Satu hal yang menjadi  pikiran selalu datang yakni ketika harus tiba saat membayar biaya kuliah dan sekolah anak saya yang di pesantren.  Beberapa alternatif jalan keluar harus saya tempuh untuk hal itu,  termasuk meminta keringanan biaya ke lembaga anak- anak saya menempuh pendidikan.

Memohon penyesuaian UKT juga merupakan satu jalan yang saya tempuh untuk membiayai sulung saya.  Terpaksa saya lakukan,  mengingat penghasilan sulung saya tidak bisa memenuhi biaya UKT itu. Karena berbarengan dengan biaya KKN yang saat ini harus  dia tempuh.  

Anis Hidayatie, dok. Pri
Anis Hidayatie, dok. Pri
Nekat menghadap beberapa dosen yang berwenang,  membawa bermacam berkas yang dibutuhkan hingga sampai ke meja ketua jurusan sebelum dekan.  Bekerja, itu yang dia sarankan untuk sulung saya saat surat saya serahkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun