Mohon tunggu...
Anis Contess
Anis Contess Mohon Tunggu... Guru - Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Menikmati Keberuntungan Seruang dengan Inspirasi UMKM dalam JNE Kopiwriting Kota Malang

13 September 2019   17:18 Diperbarui: 13 September 2019   17:23 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bertemu banyak orang, berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, itu adalah satu hal yang sangat menggairahkan diri saya saat ini, sejak belahan nyawa berpulang. Bukan untuk mengobati kesepian tapi untuk mendapatkan spirit baru dalam kehidupan, bahwa saya tidak sendiri, ada banyak pelukan pun kehangatan yang saya peroleh bila kompromi dengan keadaan. 

Ini pula yang saya alami beberapa hari kemarin. Tepatnya Rabu 11 September 2019. Satu ajuan saya untuk mengikuti acara JNE Kopiwriting dengan tema" Membawa UMKM Lokal ke Era Ekonomi Digital" yang digelar di Vargo Kitchen, kota Malang, disetujui. 

Satu kata terima kasih harus saya haturkan kepada bapak Ropingi, Kompasianer asal Tanah Bumbu Kalimantan Selatan untuk itu. Dia sudah seperti kakak bagi saya, keakraban yang terjalin berkat Kompasiana. Dia memberitahu bahwa akan ada temu kompasianers, diskusi tentang UMKM dengan sponsor JNE di kota Malang, seperti yang telah dia ikuti di Banjarmasin. Satu hal yang memang sungguh saya ingin mengikuti acara tersebut setelah dia membagi gambar, membagi video, membagi cerita betapa asik dan seru acara itu dan sayang betul bila dilewatkan.

Terus terang hal yang saya dapatkan sesudah mengikuti acara tersebut melebihi ekspektasi. Mulanya saya hanya membayangkan ini semacam reuni, kopdar dengan teman-teman  sesama penulis yang selama ini hanya saya tahu dari beyond blogging Kompasiana. Namun ternyata lebih dari itu, ada ilmu baru, pengetahuan lain tentang banyak hal terutama dunia Usaha Mikro Kecil Menengah, UMKM dan keterlibatan JNE mendukungnya serta mendapatkan inspiring testimoni dari pelaku sukses bisnis itu di kota Malang. Ini menarik, ternyata geliat UMKM di era digital ini mempunyai pengaruh signifikan terhadap perekonomian Indonesia secara umum.

Bersama peserta Kompasianer dan jurnalis yang hadir saat itu, saya dihipnotis dengan tayangan video tentang perkembangan bisnis dari 1.0, hingga 4.0. Membawa mereka dari era konvensional murni menuju digitalisasi bisnis dalam berbagai aspek. Menjadi keniscayaan bila mereka ingin mengambil peranan dan sukses dalam dunia usaha. Kompetitor era 4.0 tidaklah kasat mata, musuh utamanya asimetris. Jadi menguasai teknologi digital mutlak diperlukan.

 Ini persis seperti yang dikatakan tokoh sukses berwajah selebgram yang hari itu dihadirkan.  Dias Satria, Pemilik Kopi Jago yang baru terjun menggeluti usaha kuliner kopi ini selama 6 bulan dan sukses. Dia  berbagi pengalaman usaha pada acara tersebut.Tentang ekonomi era digital, dia menuturkan,"Era ini menuntut saya untuk dinamis mengikuti perkembangan zaman. Begitu pula dengan para pelaku usaha
lain untuk selalu update pengetahuan mengenai bisnis karena selera pasar pun akan selalu berubah."

Anis Hidayatie (doc.pri)
Anis Hidayatie (doc.pri)

Satu kalimat yang saya catat darinya adalah bahwa kita sebetulnya punya peluang sukses yang sama yakni, "We know the problem but we don't know how to solve the problem."

Ya, kita tahu betul ada banyak masalah menghadang untuk sebuah kesuksesan tapi sering kali kita dihadapkan pada kenyataan bahwa kita tidak tahu jalan keluarnya, cara memecahkan masalah-masalah itu. Padahal kunci sukses sebuah usaha terletak pada kecerdasan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Masalah-masalah yang dihadapi UMKM pada umumnya itulah yang mendapatkan perhatian pemerintah, melalui Dinas Koperasi dan UMKM. Tentang hal tersebut Tri Widyani mengatakan, "Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang memiliki program yang sudah berjalan yaitu Klinik Bisnis. Program ini ditujukan untuk pelaku UMKM agar siap menghadapi era digitalisasi dengan cara memberikan solusi serta pendampingan lanjutan dari pelatihan-pelatihan berbasis digital."

Anis Hidayatie (doc.pri)
Anis Hidayatie (doc.pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun